Sukses

Asma Dan Mendengkur
30 Sep 2015, 15:57 WIB
Wanita, 29 tahun.

Saya mempunyai anak yang tidur nya mengorok usia nya 3 thn,dari bayi napas nya suka bunyi kalau tidur seperti mengorok saya sdh konsultasikan sm dokter katanya ada Asma. Apakah ada pengaruh nya tidur mengorok sm Asma. Apakah bisa di sembuhkan? Apakah mengorok nya bisa hilang? Mohon jawaban nya dokter. Makasih sebelum nya dokter

Terima kasih telah menggunakan layanan e-Konsultasi Tanya Dokter KlikDokter.com.           

Berdasarkan kekerapannya, mendengkur pada anak dapat dikategorikan menjadi dua kelompok, yaitu occasional snoring (mendengkur sesekali saja atau frekuensi mendengkur < 3 kali per minggu) dan habitual snoring (sering mendengkur atau mendengkur ≥ 3 kali seminggu). Apabila sudah termasuk ke dalam habitual snoring, selanjutnya anak dapat mengalami obstructive sleep apnea syndrome (OSAS).

OSAS merupakan suatu sindrom klinis atau kumpulan gejala akibat adanya sumbatan parsial atau sumbatan komplet pada saluran napas bagian atas yang menyebabkan henti napas bagian atas atau berkurangnya aliran napas saat tidur. Pada anak faktor risiko utamanya adalah pembesaran kelenjar tonsil/ amandel dan adenoid. Penyakit yang berhubungan dengan alergi, seperti rhinitis alergi, asma, dan sinusitis juga dilaporkan berkorelasi dengan OSAS pada anak.         

 Penanganan OSAS didasarkan pada penyebab utama terjadinya OSAS. Pada anak, oleh karena penyebab tersering adalah pembesaran kelenjar tonsil/ amandel dan adenoid, penanganannya adalah tindakan operasi pengangkatan kelenjar amandel dan adenoid. Penyakit penyerta seperti asma dan rhinitis alergi serta sinusitis atau jika ada obesitas juga harus ditatalaksana untuk hasil yang maksimal.  

Demikian informasi ini kami sampaikan, semoga bermanfaat.

Salam,   

    0 Komentar

    Belum ada komentar