Sukses

Anoreksia Nervosa
30 Sep 2015, 16:45 WIB
Wanita, 17 tahun.

Dokter, saya berhasil menurunkan berat badan dari 68kg menjadi 43kg dalam waktu 6bulan tapi sekarang say merasa rambut saya banyak yang rontok, badan saya suka lebam padahal saya tidak merasa terpentok sesuatu selain itu sekarang saya jadi susah makan, selalu merasa kalau saya makan banyak maka saya harus olahraga lebih keras lagi setiap harinya. Apa yang harus saya lakukan dok? Apakah saya sudah termasuk orang yang terkena anorexia nervosa?

Terima kasih telah menggunakan layanan e-Konsultasi Tanya Dokter KlikDokter.com.           

 Anoreksia nervosa adalah salah satu gangguan makan yang paling banyak terjadi pada anak gadis remaja dan wanita muda dan disebabkan oleh berbagai faktor seperti biologi, sosial dan psikososial.Diperlukan terapi yang menyeluruh dalam penatalaksanaan anoreksia nervosa termasuk didalamnya hospitalisasi, psikoterapi dan terapi biologis.Tanda dan gejala yang sering timbul pada penyakit ini adalah Berat badan turun secara drastic,diet berkelanjutan,Ketakutan bertambah berat badan atau menjadi gemuk, bahkan ketika berat badannya dibawah rata rata,Gejala yang tidak semestinya pada bentuk/ berat badan dalam evaluasi diri,Sibuk menghitung kalori makanan dan nutrisi,Lebih memilih makan sendirian,Latihan berlebih,selain itu penyakit ini dapat menyebabkan kematian.

Treatment untuk anoreksia nervosa dilakukan dengan beberapa tahap:
a.Mengembalikan berat badan kembali normal.
Dilakukan program diet ulang yang sehat untuk mengembalikan berat badan kembali normal, pada pasien tertentu kadang diperlukan perawatan di rumah sakit. Check kesehatan akan dilakukan untuk melihat pelbagai kemungkinan komplikasi yang muncul.
b.Terapi psikologi
Terapi ini dilakukan untuk menumbuhkan rasa percaya diri, menghilangkan cara pandang yang salah terhadap citra tubuh, meningkatkan penghargaan diri dan mengatasi konflik interpersonal. Terapi yang dilakukan biasanya dipilih CBT (Cognitive Behavioral Therapy) dianggap paling efektif dalam mengembalikan kepercayaan diri, dan mencegah timbulnya pikiran dan perilaku gangguan makan kembali. Terapi dilakukan dapat berlangsung lama, oleh karenanya CBT juga kadang disertai dengan terapi keluarga untuk memberikan dukungan kepada pasien dalam menjalani penyembuhan
c.Penyembuhan total
Beberapa upaya yang dilakukan agar pasien kembali stabil, menghilangkan kebiasaan dan pikiran-pikiran yang dapat menimbulkan gangguan makan kembali
d.Mengurangi atau menghapuskan perilaku atau pemikiran yang awalnya mengarah ke makan tidak teratur.
Untuk menyembuhkan anoreksia nervosa diperlukan kesabaran. Hal-hal yang dapat dilakukan adalah konseling bersama dengan anggota keluarga, serta edukasi tentang nutrisi, psikoterapi, dan kesehatan. Si penderita sangat membutuhkan dukungan dari keluarga dan orang-orang terdekat. Jika ada salah satu anggota keluarga anda yang menderita kelainan ini, jangan berhenti mendukungnya untuk sembuh.

Demikian informasi ini kami sampaikan, semoga bermanfaat.

Salam,   

    0 Komentar

    Belum ada komentar