Sukses

Nevus Pigmentosus

01 Oct 2015, 11:15 WIB
Pria, 22 tahun.

saya steven,22tahun. saya memiliki tahi lalat yg posisi nya hampir dekat bibir saya (kurang lebih seperti artis nunung) yg saya merasa semakin membesar. langkah medis apa yg sebaik nya saya lakukan ?

Terima kasih telah menggunakan layanan e-Konsultasi Tanya Dokter KlikDokter.com.

Kami mengerti kekhawatiran Anda. Tahi lalat dalam bahasa medis adalah Nevus pigmentosus (mola).
Mola merupakan tumor kulit yang sering ditemukan dengan berbagai ukuran dan warna yang berkisar dari cokelat kekuningan hingga hitam. Tumor ini dapat berupa lesi berbentuk macula yang datar atau nodul atau popula yang menonjol dan kadang-kadang berisi rambut. Sebagian besar nevus pigmentosus merupakan lesi yang tidak berbahaya. Kendati demikian, pada kasus-kasus yang jarang dijumpai dapat terjadi perubahan tumor maligna dan pada lokasi nevus tumbuh melanoma. Sebagian pakar merasa bahwa semua mola congenital harus diangkat karena insidensi perubahan malignanya yang tinggi.
Nevus yang memperlihatkan perubahan warna atau ukuran, atau yang menjadi nevus yang simtomatik (gatal) atau yang tepinya ireguler harus diangkat untuk menentukan apakah sudah terjadi perubahan malignan. Mola yang terjadi pada tempat-tempat yang tidak lazim harus diperiksa dengan cermat untuk menentukan iregularitas serta cekungan pada bagian tepi mola dan variasi warnanya. (melanoma dini kerapkali memperlihatkan kemerahan serta iritasi dan daerah-daerah pigmentasi kebiruan dimana sel-sel yang mengandung pigmen terletak lebih dalam di dalam kulit).nevus yang lebih besardaripada 1 cm harus diperiksa dengan cermat. Nevus yang dieksisi harus diperiksa secara histologis.

Demikian informasi ini kami sampaikan, semoga bermanfaat.

Salam,                  

 

    0 Komentar

    Belum ada komentar