Sukses

Detak Jantung Yang Aneh

26 Sep 2015, 08:54 WIB
Pria, 22 tahun.

dok sudah hampir sebulan ini saya merasakan ada detak jantung yg aneh di dada saya detaknya kuat tapi hanya sekali dan membuat saya khawatir sekali 2 minggu sebelumnya saya treadmil tp hasilnya normal saya juga seperti sakit magh dok

Terima kasih telah menggunakan layanan e-Konsultasi Tanya Dokter KlikDokter.com.

Dasar pemeriksaan tes Treadmill

EKG dapat merekam adanya iskemia otot jantung. Iskemia otot jantung artinya aliran darah yang tidak cukup terhadap otot jantung. Iskemia terjadi karena penyempitan pembuluh koroner akibat adanya plak. Tetapi iskemia juga bergantung dari keseimbangan supply dan demand. Supply atau aliran yang kurang tidak akan menimbulkan iskemia bila demand atau kebutuhan otot jantung rendah seperti saat istirahat. Itu alasannya mengapa EKG saat berbaring sering tidak menunjukkan gambaran iskemia, walaupun sudah ada penyempitan aliran darah koroner.

Untuk meningkatkan demand, diberikan beban kerja terhadap jantung dengan cara pasien diminta berjalan di atas alat treadmill sambil direkam EKG. Dengan meningkatnya demand, bila memang sudah ada penurunan supply yaitu aliran koroner yang menyempit, maka akan tampak gambaran iskemia pada rekaman EKG. Ini adalah dasar pemeriksaan tes treadmill.

Tujuan pemeriksaan tes Treadmill

Ini adalah tujuan utama tes treadmill, yaitu mendeteksi penyakit jantung koroner secara dini. Walaupun tingkat akurasi tidak 100% (hanya sekitar 70%), tes treadmill adalah pemeriksaan yang paling umum dilakukan oleh dokter jantung untuk deteksi penyakit jantung koroner.

Pada pasien dengan gangguan irama jantung, dokter jantung juga akan melakukan tes treadmill untuk menilai apakah keluhan yang dirasakan berhubungan dengan gangguan irama jantung atau bukan.

Tes treadmill juga dilakukan pada pasien paska perawatan serangan jantung, untuk menilai tingkat resiko untuk mengalami kejadian akut koroner di kemudian hari dan menentukan penanganan lebih lanjut. Tes treadmill juga untuk menentukan tingkat aktivitas yang dapat dilakukan pasien setelah terkena serangan jantung.

Pada pasien gagal jantung akibat gangguan katup atau penyakit jantung bawaan, tes treadmill juga dapat memberikan informasi tentang kapasitas fungsional pasien, sehingga bisa memberikan gambaran tentang prognosis (= kemungkinan arah perjalanan penyakit) pasien)

Maka jika dalam pelaksanaan tes treadmill hasilnya baik maka jantung Anda dalam keadaan baik pula. Tapi untuk memastikan periksakan kembali diri Anda ke Dokter Spesialis Jantung.

Demikian informasi ini kami sampaikan, semoga bermanfaat.

Salam,                  

 

    0 Komentar

    Belum ada komentar