Sukses

Infeksi Saluran Kemih

26 Sep 2015, 12:26 WIB
Wanita, 25 tahun.

Salam, Saya pernah mengalami infeksi saluran kemih beberapa bulan yang lalu akibat kurang minum air putih dan sering menahan kencing. Saya sudah menjalani pengobatan dan sekarang sudah sembuh. Namun semenjak mengalami ISK saya sering mengalami nyeri di perut bagian dalam saat berhubungan intim apalagi saat deep penetration dan hal ini tetap terjadi walaupun sudah berganti posisi. Saya mengkonsumsi pil KB namun sudah berhenti satu bulan yang lalu. Apakah penyebab dari nyeri yang saya rasakan memang akibat ISK atau karena sebab yang lain? Terima kasih

Terima kasih telah menggunakan layanan e-Konsultasi Tanya Dokter KlikDokter.com.

Infeksi saluran kemih (ISK) adalah infeksi bakteri yang mengenai bagian dari saluran kemih. Ketika mengenai saluran kemih bawah dinamai sistitis (infeksi kandung kemih) sederhana, dan ketika mengenai saluran kemih atas dinamai pielonefritis (infeksi ginjal). Gejala dari saluran kemih bawah meliputi buang air kecil terasa sakit, nyeri perut menetap bagian bawah dan sering buang air kecil atau desakan untuk buang air kecil (atau keduanya), sementara gejala pielonefritis meliputi demam dan nyeri panggul di samping gejala ISK bawah. Pada orang lanjut usia dan anak kecil, gejalanya bisa jadi samar atau tidak spesifik. Kuman tersering penyebab kedua tipe tersebut adalahEscherichia coli, tetapi bakteri lain, virus, maupun jamur dapat menjadi penyebab meskipun jarang. 

Jika sudah terkena ISK sebaiknya lakukan pengobatan hingga tuntas. Dokter biasanya akan memberikan Antibiotika paling tidak selama 5 hari dan banyak minum air putih. Jika tidak dilakukan terapi dengan baik maka kemungkinan besar akan mengakibatkan infeksi pada ginjalnya. Untuk itu segera periksakan diri Anda ke dokter untuk menapatkan terapi yang sesuai dan dapat terhindar dari komplikasi lanjutan.

Demikian informasi ini kami sampaikan, semoga bermanfaat.

Salam,   

    0 Komentar

    Belum ada komentar