Sukses

Kanker Paru Disertai Efusi Pleura

26 Sep 2015, 12:55 WIB
Wanita, 61 tahun.

proses kemo 2011 sudh tntas, divonis selnya naik lg, skrg proses kemo lanjutan, namun ada cairan di paru, dn sdh dikeringkan, tpi sampai skrg kemo trhambat krn masih sesak nafas. apakah kangker paru atau infeksi akibat cairan? lagi proses rawat di RS dharmais.

Terima kasih telah menggunakan layanan e-Konsultasi Tanya Dokter KlikDokter.com. 

Yang Anda alami mungkin adalah efusi pleura. Efusi pleura adalah suatu kondisi kesehatan dimana jumlah kelebihan cairan menumpuk di rongga pleura paru-paru. Ini membatasi kemampuan paru-paru berkembang dan karenanya pasien kesulitan untuk bernapas.  Efusi pleura ganas (EPG) adalah efusi pleura yang disebabkan oleh proses keganasan, baik primer atau sekunder atau metastasis. Cairan efusi biasanya berupa eksudat, namun sebagian kecil dapat bersifat transudat. EPG biasanya unilateral sesuai letak proses keganasan meskipun dapat pula bilateral.Ciri lain efusi pleura ini adalah banyaknya jumlah cairan dan cepatnya cairan terakumulasi kembali di rongga pleura meskipun telah dilakukan torakosentesis berkali-kali.
 
Etiologi
Proses keganasan yang melibatkan pleura merupakan penyebab terbanyak kedua efusi pleura dengan cairan eksudat setelah penyakit infeksi, dan sebuah penelitian di Baltimore, dari 102 kasus efusi pleura bersifat eksudat, 42% disebabkan oleh keganasan.
 
Dari seluruh keganasan yang dapat menyebabkan efusi pleura, yang terbanyak adalah kanker paru (43%), kemudian metastasis karsinoma mammae (25%), disusul limfoma dan leukemia (8%)
 
Kanker paru. Jenis tumor ini paling banyak menimbulkan efusi pleura ganas. Sedikitnya 40% pasien dengan kanker paru yang telah menyebar luas mengalami efusi pleura. Hampir semua jenis kanker paru dapat menyebabkan efusi pleura, namun yang paling sering ditemukan adalah dari jenis adenokarsinoma, sebaliknya insidens efusi pleura pada karsinoma sel kecil hanya sekitar 10%.

Demikian informasi ini kami sampaikan, semoga bermanfaat.

Salam,   

    0 Komentar

    Belum ada komentar