Sukses

Kerontokan Rambut Saat Kehamilan
28 Sep 2015, 09:11 WIB
Wanita, 29 tahun.

Dokter saya mau bertanya, bolehkah bumil memakai hair tonic? Saya pakai merk Neril untuk rambut rontok. Terima kasih dokter..

Terima kasih telah menggunakan layanan e-Konsultasi Tanya Dokter KlikDokter.com.

Rambut rontok selama kehamilan disebabkan karena hormon kehamilan yang menyebabkan adanya produksi minyak kulit kepala yang meningkat.Pada saat kehamilan produksi sabum yang membuat rambut tetap lembab semakin meningkat apalagi bila ibu hamil mengalami stres. Bahkan apabila ibu hamil memutuskan untuk mencuci rambut dengan menggunakan sampo yang tidak tepat dan merangsang kelenjar minyak dan produksi minyak yang berlebihan begitu pula dengan konsumsi makanan yang berlemak berlebihan.

Bahkan rambut rontok pada ibu hamil dapat terjadi hingga menjelang persalinan dan setelah persalinan. Dimana ibu hamil mengalami kadar hormon estrogen dalam tubuh yang turun tajam akibat terjadinya peningkatan hormon tiroid bahkan dapat juga mengalami hormon tiroid yang berkurang. Bahkan rambut rontok dapat terjadi karena Ibu hamil yang kekurangan vitamin dan zat besi yang tidak seimbang.

Penggunaan hair tonic saat hamil tidak disarankan karena unsur kimianya dikhawatirkan mengganggu pertumbuhan janin. Kalaupun tetap mau menggunakannya, sebaiknya dilakukan setelah usia kandungan 12 minggu. Saat itu, organ-organ tubuh janin sudah terbentuk.

Demikian informasi ini kami sampaikan, semoga bermanfaat.

Salam,                   

0 Komentar

Belum ada komentar