Sukses

Kolik Pada Bayi

28 Sep 2015, 13:45 WIB
Pria, 19 tahun.

Pertolongan pertama apa yang bisa dilakukan ketika bayi mengalami kolik secara tiba-tiba? Obat apakah yang meredakan kolik pada bayi?

Terima kasih telah menggunakan layanan e-Konsultasi Tanya Dokter KlikDokter.com.

Sampai saat ini belum ada pengobatan khusus untuk kolik, sehingga terdapat banyak jenis terapi yang diberikan oleh para profesional medis bervariasi di setiap negara maupun antar dokter. Banyak pihak meyakini bahwa kolik tidak ada obatnya dan yang terbaik adalah mencari penyebabnya. Sementara itu beberapa dokter meresepkan simethicone, dengan indikasi mengatasi kembung atau kelebihan gas dalam saluran pencernaan; beberapa orangtua melaporkan bahwa terapi ini efektif, namun banyak pula yang melaporkan sebaliknya dan penelitian membuktikan terapi ini tidak banyak membantu.                              

Untuk menghindari kolik, bila menyusui bayi, pastikan mulut bayi melekat pas pada puting susu ibu. Bila tidak pas, selain bayi akan menelan udara berlebihan, ASI yang dikonsumsi bayi juga akan kurang. Di samping itu, jika bayi menyusu hanya sekejap pada tiap payudara, kepuasan menyusu pada bayi juga akan berkurang. Ini karena bayi hanya minum susu awal, yang banyak mengandung aktosa (gula susu), tetapi rendah kandungan lemak dan proteinnya. Padahal, masukan laktosa yang tinggi bisa menimbulkan gangguan penyerapan laktosa, yang bisa mengakibatkan bayi mengalami kembung dan nyeri perut.               

Demikian informasi ini kami sampaikan, semoga bermanfaat.

Salam,   

    0 Komentar

    Belum ada komentar