Sukses

Benjolan di Paha dan Kepala Belakang

30 Sep 2015, 07:26 WIB
Pria, 14 tahun.

dok, anak saya berumur 14 thn, berat badannya 40kg, tingginya kira kira 170an, seperti data di atas. dia pernah terkena tbc kelenjar, namun kira kira 4 bulan yg lalu telah dinyatakan sembuh oleh dokter. pertanyaannya, di belakang kepalanya ada 2 benjolan kecil dan di selangkangan paha juga ada benjolan kecil, mungkinkah di benjolan tersebut adalah sisa kuman tbc kelenjar yg tertinggal? dan berat badannya susah naik, bgaimana cara menambah berat badannya? padahal kan sudah sembuh dari tbc.

dr. Karin Wiradarma

Dijawab Oleh:

dr. Karin Wiradarma

Terima kasih telah menggunakan layanan e-Konsultasi Tanya Dokter KlikDokter.com.

Kami memahami kekhawatiran Anda.

Benjolan tersebut bisa berupa bisul atau pembesaran kelenjar getah bening. Pembesaran kelenjar getah bening bisa disebabkan oleh infeksi TBC, infeksi lainnya, tumor kelenjar getah bening, dll.

Harus dipastikan dulu apa sebenarnya benjolan tersebut. Kami tidak dapat mengatakan bahwa TBC sudah sembuh atau belum, karena tidak ada data pendukungnya (seperti hasil rontgen dada atau pemeriksaan dahak).

Apakah telah dinyatakan sembuh berdasarkan hasil rontgen dan pemeriksaan dahak? Jika memang meragukan, dokter juga dapat meminta pemeriksaan biopsi atau pemeriksaan dari benjolan-benjolan tersebut untuk memastikan apa penyebabnya.

Kami sarankan agar Anda membawa anak untuk kembali berkonsultasi seputar benjolan tersebut kepada dokter anak.

Demikian informasi ini kami sampaikan, semoga bermanfaat.

Salam,

    0 Komentar

    Belum ada komentar