Sukses

Perawatan Kulit Ketika Hamil

28 Sep 2015, 11:33 WIB
Wanita, 26 tahun.

Selamat siang dok.. saya ibu hamil 17 weeks, saya sekarang tidak menggunakan kosmetik macam-macam karena takut berpengaruh ke janin saya, saya hanya menggunakan sunblok saat mau kerja dan sabun muka itupun tanpa deterjen. tetapi muka saya sekarang jadi sangat kusam berjerawat dan komedo banyak. apakah aman jika saya ingin facial supaya wajah saya sedikit bersih lg dok?saya rencana mau facial diklinik kecantikan tapi saya mau pakai facial biasa ekstrak buah, apakah aman dok? pertanyaan kedua didaerah puting saya ada 2 benjolan sebesar jerawat persis dibawah puting, tidak berasa sakit,apakah itu bahaya dok? mohon penjelasannya dok.terima kasih banyak.

dr. Karin Wiradarma

Dijawab Oleh:

dr. Karin Wiradarma

Terima kasih telah menggunakan layanan e-Konsultasi Tanya Dokter KlikDokter.com.

Kami memahami kekhawatiran Anda.

Pada umumnya krim perawatan kulit aman untuk digunakan oleh ibu hamil, kecuali yang mengandung tretinoin dan asam salisilat. Facial buah biasa juga umumnya aman untuk ibu hamil. Lain halnya jika Anda ingin melakukan peeling dengan zat kimia tertentu. Kami sarankan agar Anda selalu mengkonsultasikan perawatan Anda kepada dokter kulit dan dokter kebidanan dan kandungan Anda.

Benjolan dapat menyerang siapa saja, terutama bagi wanita (bahkan pria) yang sudah mendapatkan menstruasi. Kemungkinan memiliki benjolan pada wanita ini akan semakin meningkat seiring bertambahnya usia.

Gejala benjolan payudara sangat bervariasi. Waspadalah tanda keganasan sebagai berikut :

  • Pembengkakan atau benjolan di ketiak
  • Kulit di sekitar payudara mengerut seperti jeruk atau disebut peau d'orange
  • Puting tertarik ke dalam
  • Keluar cairan dari puting, dapat darah, bening, atau warna lain
  • Nyeri di benjolan (namun ini subjektif)
  • Perubahan dari puting seperti rasa gatal, panas, perlukaan.

Jika Anda tidak mengalami gejala di atas, maka benjolan tersebut tidak ganas. Namun kami tetap sarankan agar benjolan tersebut diperiksa dulu secara langsung untuk dapat menentukan diagnosis pastinya.

Demikian informasi ini kami sampaikan, semoga bermanfaat.

Salam,

    0 Komentar

    Belum ada komentar