Sukses

Tes Kehamilan dengan Gula Pasir atau Pasta Gigi
05 Feb 2016, 10:45 WIB
Wanita, 22 tahun.

dok bener gak sih tes kehamilan itu tidak harus pake test pack melainkan bisa pake gula pasir atow pasta gigi, jika iya seakurat apa hasilnya? terima kasih.

dr. Atika

Dijawab Oleh:

dr. Atika

Terima kasih telah menggunakan layanan e-Konsultasi Tanya Dokter Klikdokter.com.

Simak penjelasan dr. Atika di halaman berikutnya, klik next :)

Tes Kehamilan dengan Gula Pasir atau Pasta Gigi

Sayang sekali, hingga saat ini memeriksakan kehamilan dengan gula pasir maupun pasta gigi belum pernah diteliti, dan tidak pernah ada literatur yang menyebutkan keakuratannya. Oleh sebab itu kami tidak dapat menyarankan pemeriksaan tersebut pada Anda.

Kami tetap menyarankan agar Anda memeriksakan kehamilan dengan test pack. Test Pack adalah suatu alat untuk mendeteksi kehamilan berdasarkan hormon B-HCG yang dihasilkan ketika seorang wanita hamil. B-HCG akan terdeteksi pada 8 hari setelah konsepsi (pembuahan sel telur oleh sel sperma) atau sekitar 1 minggu sebelum periode menstruasi berikutnya. Namun B-HCG saat ini (8 hari pasca konsepsi) hanya terdeteksi pada 5% wanita. Kebanyakan wanita akan positif pada hari ke 11-12 pasca pembuahan. 

Bila Ibu melakukan test  pack pada 7 hari pasca pembuahan atau 1 minggu sebelum menstruasi berikutnya, maka kemungkinan positif hanya 5% karena kadarnya kemungkinan masih 5 IU/L. Namun karena levelnya yang akan terus meningkat, maka Ibu dapat melakukan test pack kembali pada 11-12 hari post konsepsi. Semakin lama Ibu menunda melakukan test pack (contoh: ketika 1 bulan telat haid) maka akan semakin besar kemungkinan Ibu positif (bila Ibu memang hamil). 

Demikian penjelasan yang dapat kami berikan. Semoga membantu.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar