Sukses

Kepala Bayi Tidak Lurus Saat Digendong

28 Sep 2015, 13:57 WIB
Wanita, 32 tahun.

Dok, anak saya saat ini berusia hampir 4 bulan. 2 hari yang lalu saat gendong hadap depan kami lihat kepalanya agak miring ke kanan, padahal sebelumnya tidak begitu. Apakah ada hubungannya dengan tidur di ayunan dia suka berusaha balik badan? Ataukah karena saya menyusui di malam hari sambil tiduran sehingga kepalanya miring sebelah? Fyi, saat ini bayi saya sudah bisa balik badan dari telentang ke tengkurap tapi belum bisa kembali ke telentang stlh tengkurap. Minumnya asi campur sufor. Mohon bantuannya dok, thx

dr. Atika

Dijawab Oleh:

dr. Atika

Terima kasih telah menggunakan layanan e-Konsultasi Tanya Dokter KlikDokter.com,

Kami memahami kekhawatiran Anda. Dalam usia 4 bulan, kekuatan otot leher bayi memang belum maksimal. Oleh sebab itu terutama saat ia sedang merasa lelah atau mengantuk, kepala bayi dapat tampak terkulai ke samping dan tampak tidak lurus karena sang bayi tidak dapat menahannya lurus. Hal ini akan hilang dengan sendirinya saat bayi beranjak dewasa dan kekuatan otot lehernya sudah semakin bertambah. Bila bayi sering berguling, walaupun di ayunan, hal tersebut tidak akan menyebabkan gangguan kepala bayi miring. Adapun kami sarankan agar ibu tidak menyusui dalam keadaan tiduran, karena hal tersebut dapat mengurangi kualitas penyusuan bayi, hingga dapat menyebabkan cedera pada puting susu ibu.

Adapun belum mampunya bayi kembali ke terlentang setelah tengkurap adalah hal yang normal, dan bayi memang memulai perkembangan gerak badannya dengan menelungkupkan badan terlebih dahulu (meskipun belum mampu kembali ke posisi terlentang sendiri).

Demikian informasi yang dapat kami berikan. Semoga bermanfaat.

Salam.

0 Komentar

Belum ada komentar