Sukses

Ibu Hamil Muda

21 Sep 2015, 08:32 WIB
Wanita, 23 tahun.

Assalamualaikum..dok ...mau tanya katanya kalo hamil muda jangn dulu berhubungan intim ya..bener ga dok..trus boleh puasa ga dokl hamil muda... dan apakah baik buat ibu hamil kerja shif malem...sya termasuk kerja shif dok..terimaksih... mohon sousinya

dr. Karin Wiradarma

Dijawab Oleh:

dr. Karin Wiradarma

Terima kasih telah menggunakan layanan e-Konsultasi Tanya Dokter KlikDokter.com.

Jika kondisi kehamilan Anda sehat, sebenarnya tidak masalah untuk melakukan hubungan seksual (dengan ejakulasi di dalam) saat hamil pada usia kehamilan berapapun. Asalkan tidak ada keluhan saat kehamilan seperti flek perdarahan, cairan ketuban merembes, rahim kontraksi terus menerus, dan riwayat keguguran berulang maka hubungan seksual dalam kehamilan diperbolehkan.

Berpuasa saat hamil merupakan sesuatu yang berat oleh karena itu diberikan keringanan untuk tidak berpuasa bagi ibu hamil dan dapat puasa diganti di kemudian hari. Namun semua keputusan tergantung pada Anda. Kami sarankan Anda melakukan evaluasi untuk melihat kondisi kehamilan Anda secara keseluruhan sebelum menjalankan ibadah puasa. Oleh karena itu lebih baik Anda berkonsultasi dengan dokter spesialis kebidanan dan kandungan terlebih dahulu sebelum memutuskan untuk berpuasa.

Menurut penelitian, wanita hamil yang bekerja shift malam berisiko lebih besar untuk melahirkan bayi prematur dibandingkan dengan yang tidak. Memang idealnya, Anda tidak bekerja shift malam. Anda dapat membicarakan hal ini dengan pimpinan di tempat kerja untuk menegosiasikan apakah mungkin jika shift malam Anda dikurangi.

Demikian informasi ini kami sampaikan, semoga bermanfaat.

Salam,

    0 Komentar

    Belum ada komentar