Sukses

Nyeri Skiatika

28 Sep 2015, 12:25 WIB
Pria, 21 tahun.

Dok saya mengalami sakit di bagian pinggul kiri, jika olah raga terlalu lama saya merasakan sakit dibagian yang saya sebutkan, dan jika bersin dalam keadaan duduk suka terasa sakit 2010 saya jatuh dari motor, dan pekerjaan saya menghabiskan waktu seharian duduk di depan komputer setelah saya googling saya menemukan artikel mengenai Sciatica dan gejala yang di sebutkan dalam artikel tersebut sama persis, apa mungkin saya terkena itu?

dr. Atika

Dijawab Oleh:

dr. Atika

Terima kasih telah menggunakan layanan e-Konsultasi Tanya Dokter KlikDokter.com,

Untuk menentukan apakah Anda benar-benar mengalami nyeri skiatika, maka wawancara dan pemeriksaan fisik yang lebih lengkap dibutuhkan untuk memastikan hal ini. Apakah nyeri terasa menjalar dari pinggang bawah belakang menurun ke paha belakang, bahkan hingga kaki? Apakah disertai rasa kesemutan, terbakar yang juga menjalar seperti gambaran yang sama? Selain itu, dibutuhkan gambaran radiologi (seperti CT-scan atau MRI) yang memperlihatkan gambaran bahwa terdapat gangguan terhadap jalannya saraf skiatika dari tulang belakang, turun ke paha belakang (biasanya berbentuk penyempitan kanal tulang belakang, kerusakan bantalan tulang belakang yang menekan saraf skiatika, pengapuran atau pergerseran tulang belakang, intinya hal-hal yang menyebabkan saraf terganggu hingga menyebabkan iritasi syaraf.

Oleh karena syaraf berjalan dari pinggang bawah belakang, turun ke daerah belakang hingga jempol kaki, maka seharusnya kerusakan pada saraf skiatika ini akan menyebabkan gejala yang menjalar sesuai daerah perjalanannya tersebut. Gejala berkisar dari nyeri, kesemutan, terbakar, baal, dll.

Bila memang gejala yang Anda rasakan muncul setelah terjadinya kecelakan pada tahun 2010 lalu, maka mungkin saja memang telah terjadi gangguan saraf skiatika akibat trauma yang terjadi pada kecelakaan tersebut. Sekali lagi, untuk memastikannya dan memperoleh pengobatan agar Anda tidak perlu terganggu lagi dengan keluhan nyeri tersebut, periksakanlah secara langsung ke dokter spesialis syaraf.

Demikian informasi yang dapat kami berikan. Semoga bermanfaat.

Salam.

0 Komentar

Belum ada komentar