Sukses

Ngilu Payudara Saat Menyusui
18 Sep 2015, 15:54 WIB
Wanita, 26 tahun.

assalamu'alaikum dokter, saya mau menanyakan, apakah wajar ketika proses menyusui, payudara terasa ngilu (sekitar 1 menit) kemudian rasa ngilu hilang dan terulang saat proses menyusui lagi.terimakasih.

dr. Atika

Dijawab Oleh:

dr. Atika

Terima kasih telah menggunakan layanan e-Konsultasi Tanya Dokter KlikDokter.com,

Kami memahami kekahwatiran yang Anda rasakan. Keluhan yang timbul pada payudara Anda, dapat disebabkan oleh beberapa hal, bisa berupa gangguan otot, saraf, tulang, infeksi payudara, atau tumor/kanker. Adakah keluhan lain yang menyertai seperti bengkak dan radang di payudara, benjolan di payudara, keluar cairan dari puting?

Namun mengingat Anda sedang menyusui kemungkinan nyeri payudara ini disebabkan karena sumbatan duktus atau saluran susu atau oleh infeksi jika disertai tanda radang. Infeksi payudara, yang dalam dunia kedokteran dikenal dengan istilah mastitis. Gejala-gejalanya yaitu payudara memerah dan terasa sakit jika disentuh disertai dengan keluarnya nanah dan darah dari puting payudara. Infeksi pada payudara biasanya terjadi pada payudara wanita yang telah menyusui, namun tidak menyingkirkan kemungkinan untuk timbulnya infeksi payudara pada wanita yang tidak menyusui. Infeksi payudara ini dapat terjadi akibat adanya luka pada payudara atau puting yang terinfeksi ataupun akibat adanya perluasan infeksi dari daerah sekitarnya (misal akibat hidradenitis supuratifa dari ketiak).

Keluhan Anda perlu dikonfirmasi dengan pemeriksaan fisik. Untuk itu, kami sarankan Anda mengunjungi dokter untuk wawancara medis mendetil, pemeriksaan fisik dan pemeriksaan penunjang yang diperlukan.  Berikut kami lampirkan artikel mengenai kesehatan payudara:

Solusi Puting Terluka Karena Menyusui

Cara Menyusui yang Benar 

Giimana Sih, Payudara yang Normal?

3 Faktor Risiko Kanker Payudara

Koreksi Gaya Hidup Cegah Kanker

Perempuan, Waspadai Benjolan di Payudara Anda!

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga dapat bermanfaat. 

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar