Sukses

Lotus Birth

21 Sep 2015, 09:24 WIB
Wanita, 22 tahun.

Assalamu'alaikum....... saya Fikri Zaqiyah, Pengen tanya tentang Lotus Birth.... apa pandapat dari dokter, bagaimana manfaat dan resikonya..... Terimakasih Wassalamu'alaikum

Terima kasih telah menggunakan layanan e-Konsultasi Tanya Dokter KlikDokter.com.

Di kalangan pakar medis, Lotus Birth masih terjadi pro-kontra. Mereka yang pro/setuju menyatakan,  lotus birth amat bermanfaat, antara lain tidak menyakiti bayi dengan memotong paksa tali pusar, mempercantik bentuk pusar, meningkatkan imunitas bayi, mempererat ikatan batin antara ibu dan anak, memperbanyak zat besi untuk bayi, menghindarkan terjadinya anemia pada bayi, dan lain-lain. Namun sampai saat ini belum ada hasil penelitian yang akurat dan terpercaya mengenai kebenaran manfaat lotus birth tersebut.

Sementara itu, mayoritas pakar medis masih keberatan dengan lotus birth, mengingat cara tersebut bisa membahayakan kondisi bayi, antara lain dapat meningkatkan risiko infeksi pada pusar bayi, meningkatkan risiko penyakit kuning pada bayi atau jaundice, dan membiarkan tali pusat tetap terhubung dengan bayi membuat kemungkinan plasenta membusuk sangat tinggi dan hal ini tentu membahayakan bayi. Tetapi ini pun belum disandarkan pada hasil penelitian yang kredibel dan akurat.

Oleh karena itu, sambil menunggu hasil penelitian yang akurat dan terpercaya, maka jalan tengahnya adalah jangan dilakukan pemotongan tali pusar secara langsung begitu bayi lahir, juga jangan dibiarkan tidak dipotong dalam beberapa hari sampai terlepas dengan sendirinya, melainkan dipotong beberapa menit sesudah kelahiran dengan prosedur pemotongan yang sesuai dengan ketentuan medis. Inilah yang dalam dunia medis disebut “delayed cord clamping”, yakni penundaan pemotongan tali pusar, beberapa menit pasca kelahiran bayi.

Demikian informasi ini kami sampaikan, semoga bermanfaat.

Salam,

    0 Komentar

    Belum ada komentar