Sukses

Penyebab Gatal di Malam Hari

17 Sep 2015, 15:29 WIB
Pria, 19 tahun.

Selamat pagi, Saya mau tanya dok, d paha, selangkangan, pantat, tangan, dan kaki saya trdapat bintik-bintik gatal. Awalnya gatal karna nyamuk, kalo malem suka reflek d garuk akhirnya jd luka. Lukanya susah kering, dan darah merahnya jarang keluar, yg ada hanya cairan bening sama nanah. Tp walaupun udh ga ada nyamuk masih tetap gatal dok, saya udh 1 bulan lebih seperti ini, dan malah menyebar. Awalnya d paha, trus kaki, dan tangan. Ini penyakit apa ya dok ? Obatnya apa ? Saya udh minum antibiotik sama d olesin salep masih tetap ada. Mohon bantuannya dok.

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi klikdokter.

Kami mengerti kekhawatiran yang Anda rasakan saat ini. Keluhan Anda saat ini adalah gatal di malam hari. Apakah Anda tingga ldi asrama? apakah keluhan Anda dirasakan juga oleh orang yang tinggal bersama dengan Anda? Jika jawabannya adalah iya, maka bisa saja keluhan Anda berkaitan dengan skabies.

Namun ini hanya dugaan sementara saja, karena kami tidak melakukan pemeriksaan fisik secara langsung sehingga tidak dapat menentukan diagnosa penyakit Anda. Penyakit kulit paling baik untuk didiagnosis berdasarkan pemeriksaan langsung karena begitu banyak penyakit kulit yang dapat menunjukkan gambaran serupa. Oleh karena itu kami sarankan Anda melakukan konsultasi secara langsung dengan dokter spesialis kulit dan kelamin agar dapat dilakukan pemeriksaan secara menyeluruh. 

Kulit merupakan salah satu bentuk pertahanan tubuh terhadap infeksi. Yang dapat Anda lakukan adalah:

  • Pilih sabun bayi yang mengandung banyak moisturizer
  • Gunakan pelembab pada tangan 
  • Hindari penggunaan sabun mandi yang mengandung antiseptik karena akan membuat kulit semakin kering
  • Jagalah daerah yang gatal dari garukan atau gesekan
  • Biasakan untuk menggunakan pakaian yang dapat menutupi lengan dan tungkainya dan gunakan pakaian yang menyerap keringat. Hindari pakaian yang memicu gatal seperti bahan wool.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

 

    0 Komentar

    Belum ada komentar