Sukses

Mengunyah Satu Sisi

16 Sep 2015, 13:48 WIB
Pria, 17 tahun.

halo dok ,, saya mau tanya pipi saya tembem sebelah kanan … mungkin karna saya sering mengunyah di sisi kanan saja. gigi graham saya di sebelah kiri ompong jadi saya sering menggunakan sisi sebelah kanan untuk mengunyah makanan dan menyebabkan otot rahang sebelah kanan saya lebih besar daripada otot rahang sebelah kiri…apakah jika saya terus menerus mengunyah menggunakan sisi sebelah kanan akan tambah besar pipi sebelah kanan saya? dan apakah mungkin kalo saya coba mengunyah dengan sisi sebelah kiri bisakah pipi/otot rahang saya normal dan tidak besar sebelah?

drg. Arni Maharani

Dijawab Oleh:

drg. Arni Maharani

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi KlikDokter.com.

Kami memahami kekhawatiran Anda. kebiasaan mengunyah satu sisi dapat lebih  menyebabkan resiko terhadap gangguan pada sendi rahang dan menimbulkan rasa sakit pada rahang hingga sakit kepala/migrain. Hal ini disebabkan karena otot-otot pengunyahan tidak bekerja secara seimbang, dan sendi pada sisi yang dipakai mengunyah bekerja secara berlebihan sehingga dapat mengarah kepada cedera pada struktur sendi dan otot terkait.  

Pada bagian yang  mengalami ompong sebaiknya dibuatkan gigi tiruan atau gigi palsu yang tipenya sesuai dengan kondisi jaringan sekitarnya, agar dapat menggantikan fungsi gigi yang telah hilang, baik fungsi pengunyah, fungsi bicara maupun fungsi lainnya. Hentikan pula kebiasaan mengunyah pada satu sisi dan segara konsultasikan masalah Anda ke dokter gigi secara langsung.

Demikian informasi yang dapat Kami berikan, semoga bermanfaat. 

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar