Sukses

Makanan Untuk Penderita Kista

18 Sep 2015, 07:52 WIB
Wanita, 45 tahun.

saya kemarin cek ada kista 4.4 cm makanan yang di pantang apa ya gula sehari boleh berapa sendok makan terima kasih

dr. Irma Rismayanty

Dijawab Oleh:

dr. Irma Rismayanty

Terima kasih telah menggunakan layanan e-Konsultasi Tanya Dokter KlikDokter.com.

Kami mengerti rasa khawatir yang Anda rasakan. Berdasarkan informasi yang anda sampaikan, ada beberapa pertanyaan yang ingin saya sampaikan, dimanakah letak kista tersebut? di payudara ataukah pada organ dalam kewanitaan seperti ovarium? atau bagian lainnya? apakah anda menderita diabetes? sehingga mengurangi asupan gula?

Penyebab kista dapat bervariasi tergantung letak kista itu dimana, ada yang disebabkan oleh faktor genetik, gangguan hormonal dan lain sebagainya. Mengenai makanan, sebaiknya anda tetap mengkonsumsi makanan yang bergizi sehat dan seimbang. Harus ada komponen karbohidrat, protein, lemak dan vitamin mineral. Hindari makanan yang siap saji atau mengandung kadar gula dan garam yang tinggi. Hindari juga makanan yang mengandung lemak tinggi. Bila dihubungkan dengan jumlah kalori harian, kalori gula yang masuk dalam tubuh dalam sehari hanya direkomendasikan 10 persen dan disesuaikan dengan aktivitas serta kebutuhan. Misalnya, seorang wanita dengan kebutuhan 2000 kkal, berarti konsumsi gula harian yang diperbolehkan masuk ke dalam tubuh adalah sebesar 200 kkal.

Namun sebenarnya, konsumsi gula harian pada orang dewasa diperkirakan sekitar lebih dari 15 persen dari total jumlah kalori. Bila kebutuhan harian sebanyak 2000 kkal, berarti konsumsi gula harian yang diperbolehkan masuk ke dalam tubuh adalah sebesar 350 kkal. Nah, jika dikonversikan dengan jumlah kalori menurut 1 sendok teh gula, artinya dalam sehari konsumsi gula orang dewasa rata-rata ialah 15-20 sendok teh, sementara yang dianjurkan hanya 6-10 sendok teh.

Demikian informasi ini kami sampaikan, semoga bermanfaat.

Salam,

    0 Komentar

    Belum ada komentar