Sukses

Penyebab Haid Tidak Teratur

17 Sep 2015, 15:12 WIB
Wanita, 18 tahun.

dokter saya mengalami menstruasi yang tidak teratur kadang tepat waktu kadang tidak kadang sebulan lebih baru PMS mama saya juga begitu dulu malah sampe 4 bulan baru mens apakah ini wajar dok bagi saya umur 18 tahun kan masa suburnya bagi remaja apakah mens yang tidak teratur siklusnya masih menjadi hal wajar mengingat hormon belum stabil terimakasih dok

 

Terima kasih telah menggunakan layanan e-Konsultasi Tanya Dokter KlikDokter.com.

Ada banyak hal yang bisa menyebabkan terjadinya datang bulan yang tidak teratur misalnya.

  1. Masalah Psikis

Hal pertama yang kemungkinan besar bisa mengakibatkan seorang wanita terlambat datang bulan adalah karena faktor psikis. Banyak hal yang menyebabkan terjadinya stres, diantaranya tekanan lingkungan kerja, kelelahan, urusan rumah tangga, dan lain sebagainya. Stres akan menyebabkan ketidakseimbangan hormon yang dihasilkan tubuh, yang menyebabkan terlalu cepat / terlambatnya ovulasi, pelepasan sel telur oleh ovarium.

  1. Faktor Usia

Faktor penyebab datang bulan tidak teratur berikutnya bisa berupa faktor usia. Pada usia remaja tubuh mengalami banyak perubahan hormon, tubuh yang sedang menyesuaikan dengan hormon kewanitaan kadang akan menyebabkan datang bulan tidak teratur. Demikian juga pada usia 45-55 tahun atau awal menopause, tubuh kembali mengalami masa transisi yang juga akan menyebabkan haid kurang teratur. Setelah benar-benar mengalami menopause, wanita sama sekali tidak akan mengalami haid lagi karena ovarium sudah tidak menghasilkan sel telur.

  1. Faktor PCO

Faktor PCO atau polycystic ovary adalah ketika tubuh wanita menghasilkan lebih banyak hormon pria Androgen-Testosteron daripada hormon wanita Estrogen dan Progesteron. Ini akan menyebabkan ovarium tidak mampu memproduksi sel telur yang sempurna, sehingga pelepasannya bukanlah ovulasi. Jika tidak terjadi ovulasi, maka tidak terjadi haid. Fakto PCO ini bisa menyebabkan tidak haid dalam waktu lama, bisa berbulan-bulan. Kabar buruknya adalah jika tidak terjadi ovulasi maka juga akan sulit mengalami kehamilan.

  1. Faktor berat badan

Faktor berikutnya adalah berat badan. Berat badan yang tidak ideal, baik itu dibawah atau diatas berat badan ideal akan menyebabkan haid tidak teratur. Perubahan berat badan yang mendadak juga bisa menjadi penyebabnya. Berat tubuh dibawah ideal akan menyebabkan fungsi organ tubuh tidak maksimal, termasuk juga pada organ kewanitaan. Sedangkan jika berat badan terlalu ekstrim dibawah berat ideal, maka tidak akan terjadi ovulasi sama sekali. Hal ini mungkin karena tubuh memutuskan bahwa sedang tidak berada dalam kondisi ideal untuk memiliki keturunan.      

Demikian informasi ini kami sampaikan, semoga bermanfaat.

Salam,       

 

    0 Komentar

    Belum ada komentar