Sukses

Perubahan Warna Gigi karena Antibiotik

16 Sep 2015, 10:06 WIB
Pria, 20 tahun.

misi dok .. mau nanya saya punya gigi kuning kehitaman karna waktu kecil banyak sekali memakan obat dan anti biotik .. mohon solusi untuk kelihatan putih lagi gigi saya dok .. thx

drg. Arni Maharani

Dijawab Oleh:

drg. Arni Maharani

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi KlikDokter.com.

Kami memahami kekhawatiran Anda terhadap kondisi perubahan warna pada gigi yang dialami. Gigi yang mengalami perubahan warna adalah salah satu masalah yang sering menimbulkan turunnya tingkat kepercayaan diri seseorang. Salah satu contoh perubahan warna gigi yang terjadi disebabkan oleh obat  antibiotik jenis Tetrasiklin. Antibiotik jenis tetrasiklin pertama kali ditemukan pada tahun 1949 yang digunakan utuk mengatasi infeksi dengan cara diminum dan disuntikkan pada orang dewasa dan anak-anak. Tetrasiklin merupakan antibiotik spektrum luas yang mampu membunuh bakteri gram negatif dan gram positif. Obat ini tidak dianjurkan pada ibu hamil dan anak-anak.

Tetrasiklin memiliki kemampuan bersenyawa dengan zat lain dan menghasilkan kalsium orthofosfat dimana senyawa ini mempengaruhi jaringan dan matriks kalsifikasi enamel gigi yang menyebabkan pigmentasi pada gigi. Penggunaan tetrasiklin pada masa kehamilan, terutama pada trimester 3 dan masa kalsifikasi pada janin berdampak pada perubahan warna gigi anak yang dikandung, begitu juga pada masa anak-anak tetrasiklin dapat mempengaruhi warna gigi anak. Gigi yang terdampak oleh tetrasiklin akan berubah warna menjadi kuning coklat atau bahkan menjadi  abu-abu kehitaman, tidak hanya pada bagian mahkotanya namun pada bagian akarnya juga.

Perubahan warna lebih berdampak pada lapisan dentin dibanding lapisan paling luar dari gigi yaitu email dan lebih dominan pada gigi depan dibanding gigi belakang. Berbagai prosedur telah diperkenalkan untuk mengatasi perubahan warna gigi. Tehnik yang  cukup populer untuk mengatasi perubahan warna gigi adalah bleaching, namun pada perubahan warna akibat tetrasiklin yang berat tehnik ini tidak dianjurkan, karena tingkat keberhasilannya yang rendah.

Tehnik lain yang dapat mengembalikan nilai estetik gigi depan yang rusak akibat tetrasiklin adalah mahkota gigi tiruan dan veneer. Biaya bleaching cukup bervariasi dan untuk memberikan gambaran besarnya biaya yang dikenakan pada daerah jakarta dan sekitarnya berkisar Rp 2.500.000- Rp 7.000.000 atau lebih.

Demikian informasi yang dapat Kami berikan, semoga bermanfaat.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar