Sukses

Kelahiran Normal
18 Sep 2015, 12:29 WIB
Wanita, 25 tahun.

saya mau tanya dok, kalo kelahiran yang normal itu diusia kehamilan yg brp minggu dok ?? lalu apa saja yang harus dilakukan pada trimester ketiga?

dr. Melyarna Putri

Dijawab Oleh:

dr. Melyarna Putri

Terima kasih karena Anda telah menggunakan fasilitas e-konsultasi dari KlikDokter.com

Persalinan bisa dimulai pada usia di atas usia kehamilan 37 minggu. Berikut beberapa tips untuk mempersiapkan proses kelahiran secara normal :

  1. Aktif bergerak. Aktif bergerak akan memicu  janin terdorong masuk ke jalan lahir dengan posisi tepat.  Dengan berjalan, berdiri, atau duduk tegak,  gravitasi bumi akan menarik ke bawah kepala janin yang sudah berada di jalan lahir sehingga makin mendekati mulut rahim. Kepala janin akan menekan mulut rahim sehingga proses pembukaan akan dimulai secara bertahap.  Posisi yang tepat ini adalah posisi wajah janin menghadap ke arah bokong saat kepalanya sudah berada di jalan lahir.
  2. Kenali kehamilan Anda. Banyak riset yang membuktikan semakin luas pengetahuan dan wawasan ibu hamil tentang kondisi kehamilannya serta seluk-beluk tahapan proses persalinan yang akan dijalaninya, rasa takutnya menjadi makin berkurang. Kondisi tenang si ibu akan membuat otot-otot tubuh, dan panggul menjadi kendur dan makin efektif berkontraksi pada saat mendorong janin ke luar dari jalan lahir.
  3. Ciptakan rasa nyaman. Akrabkan diri dengan lingkungan rumah sakit  untuk mengurangi rasa cemas atau takut. Cobalah jalan perlahan-lahan di sekitar lingkungan rumah sakit. Perasaan nyaman akan mencegah produksi hormon adrenalin yang biasanya dikeluarkan tubuh saat ketakutan atau tegang. Bila tubuh menghasilkan hormon adrenalin, otot-otot tubuh akan tegang. Begitu juga otot-otot sepanjang jalan lahir, sehingga menyulitkan janin Anda untuk ke luar serta membuat proses persalinan jadi menyakitkan.  
  4. Ingatlah teknik pernapasan yang sudah dipelajari. Atur napas dan bernapas dengan sadar akan membuat lebih tenang dalam menjalani persalinan. Mampu bernapas dalam akan makin banyak oksigen yang dapat dihirup dan dialirkan ke seluruh sel tubuh, termasuk sel otot-otot rahim sehingga mampu berkontraksi dan mendorong janin ke luar dari jalan lahir. Anda  pun menjadi makin rileks dan tenang. Otot-otot tubuh juga akan ikut mengendur sehingga rasa sakit selama proses persalinan  akan berkurang.
  5. Alihkan rasa sakit.  Alihkan perhatian dan pikiran Anda, terutama di saat sudah mulai terjadi kontraksi. Coba putar lagu-lagu yang membantu menenangkan pikiran.
  6. Siapkan tenaga. Proses persalinan butuh banyak tenaga. Sebelum menjalaninya konsumsi makanan yang banyak mengandung karbohidrat sebagai sumber energi. Bila tenaga Anda cukup, proses bersalinpun akan mudah.
  7. Lakukan senam hamil. Senam hamil bermanfaat untuk menjaga kesehatan janin dan ibu secara optimal, menurunkan stress menjelang persalinan dan membantu persiapan persalinan. Senam hamil dapat membantu mengencangkan otot dasar panggul. Senam hamil dianjurkan untuk semua wanita hamil dengan usia kehamilan di atas 24 minggu atas anjuran dokter yang merawat.
  8. Jadikan tim dokter sahabat. Kenal dekat dengan para dokter serta tim perawat yang membantu sejak sebelum melahirkan akan memberikan rasa lebih tenang saat menjalani proses persalinan. Hal ini juga akan memupuk kepercayaan Anda kepada mereka. Selanjutnya akan menumbuhkan rasa aman dan tenang di saat  menjalani proses persalinan nanti.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar