Sukses

Nyeri Perut dan Keluar Lendir Putih pada Kehamilan Tua

21 Sep 2015, 10:58 WIB
Wanita, 20 tahun.

pagi dok,dok saya lgi hamil dan umur kehamilan saya sdh 36 minggu dok,minggu" ini saya suka ngrasain nyeri sepeti mau haid dan keluar lendir putih, apa itu bntr lgi mau melahirkan dok,terimakasih

dr. Karin Wiradarma

Dijawab Oleh:

dr. Karin Wiradarma

Terima kasih telah menggunakan layanan e-Konsultasi Tanya Dokter KlikDokter.com.

Kami memahami kekhawatiran Anda.

Perut yang terasa kencang dapat terjadi karena adanya kontraksi pada rahim. Ada 2 jenis kontraksi yang dapat terjadi pada masa kehamilan, false labour yang disebut dengan kontraksi Braxton Hicks dan true labour  yang terasa ketika mendekati persalinan. 

Bagaimana membedakan keduanya? Tentunya dengan mengenali karakteristik dari tiap jenis kontraksi. Pada Braxton Hicks, kontraksi terasa hilang timbul, jarak antara dua kontraksi tidak menjadi semakin dekat, tidak meningkat bila berjalan, tidak memanjang, dan tidak semakin menguat. Kontraksi ini umumnya mulai terasa saat trimester ke-2 (minggu 13 s/d 25 kehamilan) dan semakin sering pada trimester ke-3 (minggu ke-26 s/d 40 kehamilan). Kontraksi ini seringkali membuat ibu hamil merasa bahwa persalinan segera dimulai. Namun, sesuai namanya false labour,vkontraksi ini bukanlah kontraksi yang dirasa saat mendekati persalinan.   

Sedangkan pada true labour, kontraksi terjadi dalam interval yang teratur, berlangsung hingga 30-70 detik, dan jarak antar dua kontraksi semakin dekat. Kontraksi juga terus berlangsung tidak berhenti meskipun merubah posisi, semakin menguat, dan awalnya terasa pada bagian punggung kemudian menjalar ke arah perut. Apabila keluhan sangat mengganggu, kami sarankan untuk berkonsultasi langsung ke dokter spesialis kebidanan dan kandungan. 

Pada saat hamil memang akan terjadi peningkatan pengeluaran cairan vagina (keputihan) daripada biasanya yang disebabkan karena adanya perubahan hormonal selama kehamilan. Bentuk keputihan yang normal selama kehamilan adalah berwarna bening atau putih susu, encer dan tidak berbau. 

Namun bila keputihan mulai berubah warna (kuning, abu-abu, atau kehijauan), berdarah, keluar dalam jumlah sangat banyak, berbau atau menimbulkan rasa gatal di daerah vagina atau dengan nyeri perut di bagian atas. Kami menyarankan agar Anda memeriksakan diri ke dokter untuk memastikannya. 

Nyeri Perut dan Keluar Lendir Putih pada Kehamilan Tua

Mendekati proses persalinan, terdapat tanda-tanda yang dapat dikenali. Dengan mengetahui tanda-tanda persalinan tersebut ibu hamil akan mengerti kapan saat yang tepat untuk pergi ke rumah sakit dan apa saja yang dapat dilakukan bila tanda-tanda persalinan ini datang.

Tanda-tanda tersebut antara lain:

1. Lendir bercampur darah 

Sumbatan yang tebal pada mulut rahim terlepas sehingga menyebabkan keluarnya lendir kemerahan karena bercampur darah. Hal ini dapat terjadi beberapa hari sebelum persalinan, jadi tunggulah sampai Anda mendapat kontraksi yang teratur atau Air ketuban pecah, sebelum Anda pergi kerumah sakit. 
Anda harus menghubungi dokter Anda bila terjadi pendarahan hebat.

2. Air ketuban pecah

Kantung ketuban yang mengelilingi bayi pecah sehingga air ketuban keluar. Normalnya air ketuban adalah cairan yang bersih, jernih dan tidak berbau. 

3. Kontraksi yang teratur

Mulai usia kehamilan 38 minggu, umumnya timbul kontraksi tidak teratur yang disebut kontraksi Braxton hick. Namun kontraksi tersebut bukan termasuk tanda persalinan.

Kontraksi yang menandakan proses persalinan timbul secara teratur. Awalnya kontraksi hanya sebentar kemudian bertambah lama, bertambah sering dan bertambah kuat. Kontraksi terjadi simetris di kedua sisi perut mulai dari bagian atas dekat saluran telur ke seluruh rahim, dan nyeri tidak hilang/kurang dengan istirahat atau elusan. 

Bila air ketuban keluar lebih cepat keluar tanpa adanya kontraksi, terlebih bila berwarna keruh dan berbau, harus dipikirkan kemungkinan adanya infeksi yang memerlukan penanganan secara intensif.

Kami sarankan agar Anda memeriksakan diri kepada dokter kebidanan dan kandungan untuk evaluasi lebih lanjut.

Demikian informasi ini kami sampaikan, semoga bermanfaat.

Salam,

    0 Komentar

    Belum ada komentar