Sukses

Susu Untuk Ibu Hamil Muda
15 Sep 2015, 10:05 WIB
Wanita, 28 tahun.

Apakah kandungan susu esensis bisa untuk Ibu hamil muda?

dr. Citra Roseno

Dijawab Oleh:

dr. Citra Roseno

Terima kasih atas pertanyaan Anda.

Susu hamil merupakan asupan tambahan yang dapat dikonsumsi untuk memberikan tambahan asupan nutrisi dan kalsium yang banyak diperlukan oleh Ibu hamil dan janinnya. Namun jika menu makanan Anda dalam sehari-hari sudah terpenuhi, susu hamil bisa Anda konsumsi sesekali. 

Produk susu banyak mengandung kalsium yang berguna untuk pertumbuhan gigi dan tulang embrio. Anda dapat memilih produk susu dengan cara menyesuaikan kandungan yang tertera di dalam kemasan dengan kebutuhan Anda. Bila Ibu ingin tetap menjaga kalori yang masuk, maka susu rendah lemak menjadi pilihan, kandungan kalsium tidak akan terpengaruh pada produk susu rendah lemak. 

Yang dibutuhkan oleh ibu hamil terutama adalah:

  • Karbohidrat.  Pada bulan pertama, ibu butuh kalori ekstra agar pertumbuhan janin pesat
  • Protein. Untuk memperbaiki sel-sel dan jaringan-jaringan tubuh yang rusak. Protein yang dibutuhkan oleh ibu hamil lebih banyak (10 gram lebih banyak). Protein bisa didapatkan dari makanan sehari-hari seperti tempe, tahu, telur, dan daging.
  • Asam folat. untuk mendukung tumbuh kembang janin dan mencegah terjadinya cacat bawaan. Sumber: bayam, tomat, jeruk, kol, selada.
  • Kalsium. berperan untuk pertumbuhan tulang dan gigi, bisa didapatkan dari susu, sayuran hijau, dan kacang-kacangan.
  • Zat besi. mencegah anemia pada ibu dan mendukung pembentukan sel darah merah pada janin. Biasanya ibu hamil diberikan suplemen zat besi, sumber utama zat besi dari makanan adalah sayuran hijau (bayam).

Pastikan Ibu hamil mendapatkan seluruh nutrisi yang diperlukan. Kurangnya asupan zat gizi saat hamil dapat mengganggu proses tumbuh kembang janin dalam kandungan. Setiap wanita hamil membutuhkan tambahan kalori sekitar 300 kalori/hari. Kalori tersebut digunakan untuk metabolisme tubuh ibu dan pertumbuhan serta perkembangan janin. Vitamin prenatal juga sebaiknya dikonsumsi oleh Ibu hamil. Vitamin prenatal mengandung kalsium, tembaga, asam folat, yodium, zinc, dan vitamin A, B, C, D, E.  Vitamin ini akan lebih baik dikonsumsi ketika sedang makan atau di malam hari.

Ketika memilih produk susu, Anda dapat menyesuaikan kandungan yang terdapat dalam susu dengan kebutuhan nutrisi di atas. Mohon maaf berdasarkan peraturan yang tertera dalam term of use kami tidak dapat meresepkan atau menyebutkan produk produk tertentu melalui media ini. Namun demikian, Anda dapat menghubungi Customer Service dari website produk terkait, atau Dokter Spesialis Kebidanan dan Kandungan Anda saat kunjungan perawatan antenatal agar dapat disesuaikan dengan kebutuhan Anda. 

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat. 

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar