Sukses

Penanganan Gatal Tangan

13 Sep 2015, 15:34 WIB
Wanita, 23 tahun.

Dok, saya mau tanya gimana hilangin gatal gatal pada lengan,punggung,paha n kaki yg lbh parah. Awalx sy gg prna ky gni, bulan satu kemarin sy smpt klr kota, di kota it sy mulai gatal gatal tp gg parah2 amat cuma sekali2 saja, saya awalnya pikir mngkn krn pergantian tempat sja, tp pas sy balik ke kota asal sya gatal2 saya gg hilang2.. Mala makin para, sangking gatalx saya guruk dan berbekas hitam2. Saya prna di ksh bbrpa obat sma apotik tp yg lumayan berkasiat cm telfas od 120 saat ud gatal bgt smp gg tahan saya mnm dan gatalx lngsng reda. N bentolx ilang tp ttp aja nnti gtu lgi.. Sy kurang sk obatnya krn harus diminum saat perut kosong.. Gatal saya muncul saat2 tertentu sja. Saat malam ingin tdr atau saat saya terkena ac dan kipas angin. Awalnya saya gg prcaya tp klu ac kmr saya dingin bgt sya mulai gatal2. Munculx dibagian yg merinding ky dipaha, trus mucul biji2 kecil yg gatal bgt pas sy garuk2 langsung membezar.. Skrng muncul disemua bagian belakang,perut, kaki,paha lengan.

Terima kasih atas pertanyaan Anda

Kami turut prihatin dengan keluhan Anda. Sebenarnya kelainan kulit lebih baik diperiksa secara langsung untuk dilihat bentuk kelainan kulit yang diderita. Namun dari cerita Anda, bisa jadi Anda mengalami urtikaria. Pada dasarnya Urtikaria (Kaligata) atau biasa disebut Biduran tidak mengancam keselamatan jiwa dan dapat diatasi dengan obat-obatan. Untuk Anda yang mengalami Urtikaria akut tidak perlu panik karena gejala akan menghilang sendiri dalam beberapa hari.

Urtikaria memang selalu muncul dengan ciri-ciri kulit kemerahan atau pucat dan sedikit mononjol dari permukaan kulit. Para penderita Urtikaria juga mengalami rasa gatal dan nyeri serta rasa panas pada bagian kulit yang mengalami Urtikaria. Untuk Anda yang tidak nyaman dan mengalami berbagai masalah seperti penjelasan di atas dapat langsung pergi menuju instalasi gawat darurat terdekat dan mendapat perawatan.

Sedangkan untuk kasus Urtikaria Kronis seringkali sulit untuk diobati dan dapat berlangsung lama. Penderita Urtikaria Kronis biasanya akan mendapat suntikan dari dokter untuk membantu mempercepat pengobatan kemudian baru ditambah dengan berbagai obat-obatan lainnya. Beberapa obat yang biasa digunakan untuk mengobati Urtikaria antara lain:

 

Beberapa obat yang biasa digunakan untuk mengobati Urtikaria antara lain:

  • Antihistamin (CTM),
  • Kortikosteroid (Dexamethasone atau Prednisone),
  • Epinefrin biasa digunakan untuk pasien yang mengalami masalah pernapasan) dan masih banyak lagi.

Tiap dokter akan meresepkan obat yang berbeda berdasarkan tingkat kronisnya penyakit.

Untuk Anda yang memang mengidap Urtikaria kambuhan biasanya telah mengetahui penyebab munculnya Urtikaria. Maka untuk penanggulangan, setidaknya dapat menghindari penyebab tersebut, misalnya saja akibat tungau, udara, makanan, debu, bulu binatang atau obat-obatan tertentu.

Pada dasarnya tiap dokter sangat menyarankan bagi para penderita Urtikaria untuk berkonsultasi ke dokter terdekat. Karena penggunaan obat hanya untuk mengatasi gejala alergi bukan akibat alerginya. Jadi Anda tetap harus melakukan tes alergi untuk menentukan penyebab munculnya Urtikaria pada diri Anda, kemudian menghindari berbagai penyebab tersebut. 

Semoga informasi ini membantu.

 

0 Komentar

Belum ada komentar