Sukses

2 Kali Operasi Caesar, Bisa Melahirkan Normal?
14 Sep 2015, 06:56 WIB
Wanita, 29 tahun.

Dokter, saya berencana mau punya anak lagi. Anak pertama dan kedua, dua2nya lahir secara caesar. Anak pertama karena sungsang, yang ke-2 kata dokter karena bayi belum turun ke jalan lahir padahal udah 9 bln lbh. Tapi ke-2 caesar waktunya direncanakan terlebih dahulu bukan mendadak. Saya berencana kelahiran berikutnya berjarak 2thn. Jadi kelahiran anak ke-3 berjarak 2 thn dengan anak ke-2. Sekarang anak ke-2 berusia 10 bln. Yang mau saya tanyakan dokter, apa bisa kelahiran ke-3, saya bisa melahirkan normal dgn jarak 2 thn dgn anak ke-2? Kalo misal ga bisa, apa ga apa2 untuk ke-3 kalinya caesar? Apa ga apa2 3 kali caesar berturut2? Terima kasih

 

Ibu/Saudari yang terhormat,

 

 

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi KlikDokter.

 

Halo Ibu! Kami akan mencoba menjawab pertanyaan Anda.

Jarak persalinan yang diperbolehkan setelah operasi sesar sebaiknya adalah 18-24 bulan untuk memberikan waktu bagi tubuh Ibu memulihkan diri dan juga menghindari risiko terjadinya ruptur pada kehamilan berikut. Jika memang panggul Anda tidak sempit dan proses selama kehamilan berikutnya terpantau baik maka masih memungkinkan untuk melahirkan secara normal (VBAC/Vaginal Birth After C-Section). Namun hanya dapat dilakukan jika Ibu baru satu kali mengalami operasi seksio sesarea.

Tidak ada batasan khusus berapa kali operasi seksio sesar boleh dilakukan. Setelah operasi seksio sesarea masih boleh hamil lagi tetapi tentu dengan pengawasan kehamilan yang lebih ketat karena resiko terjadinya robekan pada rahim (ruptura uteri) di tempat operasi sebelumnya lebih besar. Tetapi dengan teknik operasi sekarang ini dan perkembangan obat-obatan (mis:antibiotik,anti perlengketan), umumnya penyembuhan luka operasi lebih baik, sehingga risiko robekan rahim lebih rendah. Tentu setelah sesar 2 kali maka yang berikutnya juga harus dilakukan sesar kembali dan kadang-kadang harus dilakukan lebih dini dari seharusnya (biasanya pada usia kehamilan 38 minggu) tergantung kondisi rahim dan janin pada saat pemantauan kehamilan.

Kami sertakan juga artikel:

Sekali Caesar, Selamanya Caesar?

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat.(JF)

Salam sehat selalu,

Tim Redaksi KlikDokter

0 Komentar

Belum ada komentar