Sukses

Penanganan Wasir

14 Sep 2015, 07:51 WIB
Wanita, 16 tahun.

dok,BAB sy sring keras, susah utk dikeluarkan&membutuhkan; tenaga extra untuk mengeluarkanx jg ada daging menumpang di anus, sring kluar drah ketika BAB dan bnyakx skitar 240cc dlam shari.sakit pda dgingx&kdng; sy drong msuk agar tdk menonjol. solusinya apa dok? krn umur sya masih muda ttpi sdh memiliki pnyakit seperti inii??? wassalam

Ibu/Saudari yang terhormat,

 

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi KlikDokter.

 

Kami memahami kekhawatiran yang Anda rasakan. Berdasarkan keluhan yang Anda paparkan, nampaknya Anda mengalami wasir/ambeien/hemmorhoid. Hemorrhoid (wasir/ambeien) merupakan pembengkakan dan peradangan pada pembuluh darah balik (vena) pada daerah rektum atau anus. Hemorrhoid dibagi menjadi hemorrhoid eksterna dan interna. Untuk menegakkan diagnosis ambeien, diperlukan pemeriksaan langsung oleh dokter pada anus penderita.

 
Hemorrhoid interna dapat dikelompokkan menjadi :
  • Grade I: wasir tidak keluar dari rektum
  • Grade II: wasir prolaps (keluar dari rektum) pada saat mengedan, namun dapat masuk kembali secara spontan
  • Grade III: wasir prolaps saat mengedan, namun tidak dapat masuk kembali secara spontan, harus secara manual (didorong kembali dengan tangan) 
  • Grade IV: wasir mengalami prolaps namun tidak dapat dimasukkan kembali

 

Hemorrhoid interna derajat I dan II masih dapat ditangani dengan terapi obat oral. Namun hemorrhoid interna derajat III dan IV serta hemorrhoid eksterna memerlukan tindakan bedah untuk penanganannya.  Untuk itu, untuk mengetahui penanganan yang tepat, terlebih dahulu perlu diketahui derajat ambeien Anda.

 

Kami menganjurkan agar penderita dapat memeriksakan diri ke dokter spesialis bedah umum atau bedah digestif untuk penanganan lebih lanjut.

 

Berikut kami juga sertakan artikel berjudul:

Wasir (Hemorrhoid)

Tujuh Cara Sehat Cegah Wasir

7 Tips Mencegah Sulit BAB

Mengenal Serat Lebih Dekat

10 Makanan Kaya Serat

Memenuhi Kebutuhan Serat Tubuh

 

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat. (JF)

 

Salam sehat selalu,

Tim Redaksi KlikDokter

0 Komentar

Belum ada komentar