Sukses

Penularan HIV

14 Sep 2015, 08:37 WIB
Wanita, 35 tahun.

langsung saja.. dok, ada seorang Gay sebut saja si A.. si A ini punya pacar yang juga Gay sebut saja si B.. si A dan si B ketika di periksa hasilnya normal (di diagnosa bersih dan bebas dari HIV). mereka berdua sudah pacaran sejak 3 tahun terakhir ini, mereka saling setia, dan mereka sudah sering melakukan hubungan intim (oral, anal, dsb). pertanyaan saya.. apakah mereka (baik si A maupun si B) akan terserang virus HIV karena sering melakukan hubungan intim (anal, oral, dsb)?

Bapak/Saudara yang terhormat,

 

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi KlikDokter.

Halo! Kami akan mencoba menjawab pertanyaan Anda.

Beberapa cara penularan HIV adalah melalui darah, melalui cairan mani/vagina, dan dari Ibu ke Anak dari orang yang memiliki virus HIV di dalam darahnya. Bila tidak ada kontak dengan darah (misalnya pertemuan luka dengan luka) dan tidak ada pertukaran cairan vagina/mani antara 2 orang yang tidak mengidap HIV maka risiko untuk tertularnya HIV tidak ada.

 

HIV dapat terdeteksi dengan tes darah dengan cara mendeteksi adanya antibodi HIV di dalam sample darahnya. Tes darah yang dilakukan adalah Tes ELISA dan Western Bolt. Antibodi HIV biasanya dapat dideteksi sekitar 3-8 minggu setelah terinfeksi.

Kami sertakan artikel yang dapat Anda baca : 

 

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat. (JF)

 

Salam sehat selalu,

Tim Redaksi KlikDokter

0 Komentar

Belum ada komentar