Sukses

Bentol Sebelum Menstruasi

16 Sep 2015, 13:50 WIB
Wanita, 26 tahun.

dear dokter saya berusia 26 thn. keluhan saya adlh setiap saya datang bulan atau menjelang datang bulan, kulit saya gatal2 dan berbentol/menonjol di sekitar perut dan gatal bisa berpindah tempat. mohon penjelasannya dok. trims

dr. Atika

Dijawab Oleh:

dr. Atika

Terima kasih telah menggunakan fasilitas e-Konsultasi Tanya Dokter KlikDokter.com, 

Kami memahami kekhawatiran Anda. Apakah hal ini telah berlangsung sejak lama? Apakah gatal selalu terjadi di sekitar perut? Sesungguhnya muncul bentol-bentol gatal sekitar perut yang berpindah tempat bukanlah hal yang umum terjadi saat menstruasi. Bagaimana dengan bentol jerawat di bagian wajah, apakah juga sering menyertai keluhan Anda tersebut?

Kadar hormon estrogen dan progesteron dalam tubuh perempuan naik dan turun selama siklus menstruasi. Sedangkan kadar hormon testosteron konstan. Peningkatan kadar progesteron menstimulasi produksi sebum yaitu substansi minyak tebal yang berfungsi sebagai lubrikan kulit. Kulit juga "membengkak" dan pori-pori menutup, akibatnya sebum terkumpul di bawah kulit. Selain itu, kadar testeosteron yang lebih tinggi sekitar waktu menstruasi mengaktivasi kelenjar sebasea sehingga lebih banyak sebum dipoduksi. Wajah perempuan dapat terlihat lebih berminyak. Minyak menjadi makanan untuk bakteri P. acnes. Bakteri ini menyebabkan keluarnya jerawat dan inflamasi kulit menjelang menstruasi.

Bila keluhan ini sangat mengganggu Anda, maka kami sarankan Anda untuk melakukan pemeriksaan langsung ke dokter agar kelainan kemerahan tersebut dapat diperiksa secara langsung, dan dapat diberikan obat yang sesuai.

Demikian penjelasan yang dapat kami berikan. Semoga bermanfaat.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar