Sukses

Menstruasi Berkepanjangan

16 Sep 2015, 11:59 WIB
Wanita, 18 tahun.

haid saya selalu lama tapi keluarnya sedikit. kali ini saya mengalami haid paling lama sudah 2 bulan. biasanya cuma 1 bulan. hal ini terjadi sudah 4 tahun. waktu itu saya kedokter cuma dikasi obat pengatur haid semacam pil kecil warna putih. haid saya teratur setelah minum itu. tetapi berhenti minum pil itu haid saya kembali kacau. bagaimana dokter.. terimakasih

dr. Atika

Dijawab Oleh:

dr. Atika

Terima kasih telah menggunakan fasilitas e-Konsultasi Tanya Dokter KlikDokter.com, 

Siklus menstruasi normalnya berkisar antara 21-35 hari dan berlangsung selama 3-7 hari. Oligomenorea adalah suatu keadaan dimana siklus menstruasi memanjang lebih dari 35 hari. Sedangkan siklus menstruasi kurang dari 21 hari disebut polimenore. Menorrhagia adalah kondisi dimana darah haid berlebihan, sedangkan metrorhagia adalah kondisi dimana siklus haid tidak teratur, kadang satu bulan bisa 2 kali, kadang 1 kali, bisa juga 3 kali.

Berapa lamakah siklus haid Anda sebelumnya? Bahaya haid berkepanjangan adalah dapat membuat Anda menjadi kekurangan darah (anemia).

Adapun siklus menstruasi tidak teratur umumnya terjadi akibat gangguan keseimbangan hormonal, yang dapat disebabkan oleh beberapa keadaan, antara lain:

  • Pada 3-5 tahun pertama setelah haid pertama

  • Pasien dengan gangguan makan (seperti anorexia nervosa, bulimia)

  • Pasien dengan indeks massa tubuh (IMT) > 30

  • Malnutrisi (kurang gizi)

  • Stres psikologis

  • Atlet, atau aktivitas fisik berat

  • Kekurangan vitamin K

  • Penggunaan obat-obatan tertentu

  • Kelainan pembekuan darah

  • Gangguan hormon tiroid

Selain gangguan keseimbangan hormon, dapat saja terdapat gangguan organ kandungan Anda, seperti kista ovarium atau mioma. Kami menyarankan Anda berobat ke dokter spesialis kandungan dan kebidanan. Diperlukan pemeriksaan USG untuk melihat kondisi kandungan Anda.

Selanjutnya mengenai pertanyaan kedua, bagaimanakah darah menstruasi yang muncul? apakah berupa darah atau bercak? apakah terdapat keluhan lain yang menyertai? Apabila berupa bercak, terdapat beberapa faktor yang mungkin menjadi penyebab antara lain:

  1. Kehamilan atau kehamilan ektopik (kehamilan di luar kandungan)

  2. Penggunaan kontrasepsi oral

  3. Ketidakseimbangan hormon

  4. Infeksi pada alat kelamin

  5. Pengobatan tertentu (misal: obat pengencer darah) 

  6. Polip serviks (benjolan pada mulut rahim)

  7. Kanker serviks 

  8. Dysfunctional uterine bleeding (pendarahan akibat hormonal)

  9. Endometriosis, adenomyosis (bentuk kelainan pada dinding rahim)

  10. Hiperplasia endometrial

  11. Pelvic inflammatory disease (penyakit infeksi pada saluran kewanitaan)

  12. Efek implantasi hasil pembuahan ke dinding rahim

Selain itu bercak coklat juga dapat disebabkan karena adanya perlukaan pada organ intim setelah melakukan hubungan seksual, atau dapat merupakan sisa darah menstruasi. Bila bercak tersebut muncul sekitar 2 minggu setelah menstruasi terakhir, mungkin juga merupakan tanda kehamilan. Kami sarankan agar dilakukan pemantauan dan jika terdapat keluhan lain atau memberat, agar Anda mengunjungi dokter spesialis kebidanan dan kandungan untuk pemeriksaan lebih lanjut. 

Demikian penjelasan yang dapat kami berikan. Semoga bermanfaat.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar