Sukses

Sering Nyeri Kepala

16 Sep 2015, 14:36 WIB
Pria, 22 tahun.

selamat siang dok, saya ingin bertanya.... akhir-akhir ini saya sering sakit kepala, sering kesemutan dan penurunan pendengaran.... itu kenapa ya dok? terima kasih sebelumnya dok

Terima kasih telah menggunakan layanan e-Konsultasi Tanya Dokter Klikdokter.com,

Sakit kepala pada umumnya tidak diketahui sebabnya (lebih kurang 90%). Biasanya sakit kepala dapat dicetuskan oleh kelelahan, kurang tidur, dsb. Sakit kepala yang tidak diketahui sebabnya ini disebut dengan sakit kepala primer, contohnya adalah migraine dan tension type headache, cluster headache. Sakit kepala yang sebabnya diketahui lebih sedikit (sakit kepala sekunder) dapat disebabkan oleh misalnya sakit gigi, demam, tumor otak, dll. Sakit kepala saat tertawa tidaklah khas mengarah pada diagnosis tertentu dan diperlukan pemeriksaan secara langsung.

Sebagian besar nyeri kepala di daerah belakang dan leher disebabkan oleh tension type headache (TTH). Bila keluhan sakit kepala seperti tertindih benda berat/diikat dan melibatkan otot-otot leher maka kemungkinan Anda mengalami TTH. Sakit kepala tipe ini seringkali disertai dengan adanya rasa sakit/kaku di bagian leher/tengkuk, yang dapat juga menjalar hingga ke punggung, mata atau otot-otot lainnya di tubuh.

Namun dari gejala yang anda sebutkan terdapat gangguan keseimbangan, kemungkinan Anda menderita Vertigo. Vertigo didefinisikan sebagai rasa pusing berputar, sehingga sekeliling kita atau diri kita terasa berputar. Seringkali disertai rasa mual. Vertigo sendiri dapat dibedakan menjadi dua:

  1. vertigo sentral: gangguan pada saraf otak
  2. vertigo perifer: gangguan pada kanalis semisirkularis telinga, penyebab paling sering dari vertigo. Hipotesis lainnya adalah akibat adanya perubahan tekanan pada bagian telinga dalam, infeksi, maupun BPPV (benign paroxysmal positional vertigo). BPPV timbul ketika partikel kalsium kecil berkumpul di kanal telinga dalam.

Pada vertigo perifer, pencegahan yang terbaik adalah dengan mengatasi masalah pada organ keseimbangan tersebut, hal ini dapat dilakukan oleh dokter ahli telinga, hidung, dan tenggorokan (THT) atau oleh dokter spesialis saraf. Dokter akan melakukan manuver-manuver yang berhubungan dengan posisi tubuh Anda (Hallpike maneuver) sehingga dapat mengurangi atau menyembuhkan vertigo. Bila sudah terlanjur terkena vertigo, pengobatan sederhana yang dapat menolong Anda adalah dengan memejamkan mata, menjaga agar posisi kepala tidak bergerak hingga gejala hilang, atau dengan mengkonsumsi pil antimabuk yang tersedia di pasaran.

Sementara vertigo sentral melibatkan saraf otak oleh karena itu harus segera ditangani. Jika keluhan Anda masih berlanjut atau memberat, kami menyarankan Anda untuk berkonsultasi dengan dokter spesialis THT atau spesialis saraf untuk ditelusuri lebih lanjut penyebabnya disertai penanganan optimal.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat.

Salam,

    0 Komentar

    Belum ada komentar