Sukses

Mengurangi ASI dan Dot
18 Sep 2015, 12:29 WIB
Pria, 2 tahun.

assalamu'alaikum dok 1. gigi putra saya yang bagian depan atas agak ter kikis. itu cara memperbaiki dan merawatnya bagaimana ya? sewaktu menyikat gigi yang bagian depan agak kesulitan khususnya yg bagian atas. 2. usia putra saya 2 tahun kurang 3 hari. cara untuk anak agar tidak minum asi bagaimana ya dok? 3. bagaimana caranya agar anak bisa mengurangi botol dot ya dok pada waktu malam hari. terimakasih

 

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter

ASI memang merupakan salah satu makanan yang masih perlu diberikan hingga berusia 24 bulan. Namun, tingkat kebutuhannya akan ASI sudah mulai menurun, tidak seperti saat dia berusia dibawah 6 bulan.karena untuk anak usia 2 tahun diharapkan sumber zat gizi yang dibutuhkan oleh anak berasal dari makanan-makanan lain diluar ASI.

Anda dapat mencoba untuk mengurangi frekuensi menyusui anak Anda sehingga anak Anda lama-lama akan terbiasa sehingga akhirnya berhenti menyusui. Untuk mencapai hal ini diperlukan kerjasama antara ibu dan anak, ibu harus dapat pintar-pintar menyiasati agar anak dapat mulai meninggalkan kebiasaannya minum ASI. Namun pada dasarnya belum ada ketentuan khusus terkait kapan harus menghentikan ASI.

Penelitian membuktikan bahwa anak dengan kebiasaan minum susu botol mempunyai kemungkinan 1,3 kali terkena karies daripada yg tidak minum susu botol.

Untuk itu kebiasan ngedot perlu dihentikan. American Academy of Pediatricsmerekomendasikan sebaiknya minum susu dengan dot mulai dihentikan ketika anak berusia 1 tahun, hingga berhenti sama sekali ketika anak berusia 18 bulan atau 1,5 tahun. Beberapa tips yang dapat Anda lakukan adalah;

  1. Anda dapat mulai menghentikan ngedot (ganti dengan menggunakan cup) saat siang hari, kemudian malam dan pagi hari. Terakhir baru pada saat tidu.
  2. Untuk susu saat tidur Anda bisa mulai mengencerkannya dengan memperbanyak perbandingan air secara bertahap. Dan setelah 1 atau 2 minggu botol susu hanya berisi air.]Sebelum anak tidur, Anda dapat memberikan minuman atau snack supaya ia kenyang sepanjang tidurnya. Bila Anda memberikan susu dalam botol, secara bertahap ganti dengan menggunakan cup.
  3. Jangan lupa untuk membersihkan giginya, bisa menggunakan kain kassa steril yg dililitkan pada telunjuk kita & dicelupkan air hangat atau menggunakan sikat gigi dari silicon khusus bayi.
  4. Kebiasaan minum susu botol memang sangat nyaman untuk bayi dan membantu ia tidur. Namun pada usia ini anak tidak perlu lagi makan atau minum sesuatu sepanjang malam.
  5. Untuk tahap awal pemberian susu botol yang telah diencerkan secara bertahap dapat dilakukan sambil bunda menggendong anak, dan ketika anak sudah tertidur baru baringkan ke tempat tidur, tanpa dot.Jangan biarkan anak tertidur dengan dot berisi susu dalam mulutnya.
  6. Bila tengah malam anak terbangun dan menangis Anda boleh menimang-nimang, mengusap-usap, menina bobokan atau bernyanyi kecil untuk anak, hal ini bisa membuat anak merasa nyaman dan membantunya kembali tidur, atau mengecek apakah ada keadaan lain yg menyebabkan anak merasa tidak nyaman seperti terlalu dingin, panas dll, atau diamkan sampai ia tertidur sendiri.
  7. Terkadang anak ingin menghisap dot bukan karena lapar melainkan hanya untuk merasa nyaman. Mungkin malam pertama agak sulit dan merupakan tantangan bagi Anda, tapi jangan putus asa, setelah beberapa malam anak akan lupa segala hal tentang botol susunya..
  8. Jangan biarkan Balita anda mencari rasa nyaman dan kasih sayang dengan cara mengedot, ganti rasa nyaman tersebut dengan kasih sayang yang tulus dari orang tua

Demikian informasi yang dapat kami berikan,semoga bermanfaat. 

Salam

0 Komentar

Belum ada komentar