Sukses

Tumor Kandung Kemih

18 Sep 2015, 10:54 WIB
Pria, 18 tahun.

Dear Dokter , 3 tahun lalu ibu saya mengidap penyakit tumor di dinding rahim dan pengobatannya melalu operasi pengangkatan rahim Dan sekarang tepat nya sekitar sebulan lalu hasil scanning tumor nya muncul lagi di bagian kandung kemih dan akan melakukan operasi pengangkatan sel tumor tersebut Pertanyaannya : apa penyebab tumbuh nya tumor yg di kandung kemih ibu saya dok ? apa ini karna tumor di dinding rahim yg dlu ? soal nya ibu saya orang yg suka makan sayur dan buahan , dan jarang sekali makan/ngemil makanan yg ada bahan pengawetnya atau makanan yg ada zat berbahaya lain nya. satu lagi dok , apakah operasi ini sangat sulit ? karna saya khawatir dgn kondisi beliau yg skrng sudah berumur 53 tahun Terima kasih dok.

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Tanya Dokter dari Klikdokter.com

Kami mengerti kekhawatiran Anda. Benjolan disebut juga tumor, dapat memiliki sifat jinak maupun ganas. Tumor jinak pada kandung kemih berjenis papilloma, biasanya  jarang dan mudah cepat menjadi ganas. Tumor ganas disebut juga karsinoma.

Gejala yang ada biasanya terdapat perdarahan saat buang air kecil, baik mikroskopik (tidak kasat mata) maupun makroskopik tanpa rasa sakit. Untuk mengetahui jenisnya, perlu dilakukan biopsi (dengan pembedahan), dan kalau perlu diangkat.

Tumor kandung kemih yang dialami ibu Anda belum tentu berasal dari jenis tumor yang sama dengan tumor dinding rahim. Untuk membuktikannya diperlukan pemeriksaan histopatologi.

Penyakit kanker bisa disebabkan oleh karena sel kita bertambah terus dan tidak dapat diberhentikan seperti normalnya. Nah, penyebab dari sel yang bertambah terus dan tidak bisa distop ini bisa berbagai macam misalnya karena kelainan atau mutasi pada DNA atau gen yang bisa disebabkan karena faktor turunan atau bisa disebabkan karena gaya hidup kita yang kurang baik. Gaya hidup yang dimaksud adalah misalnya karena merokok, atau karena makanan yang kita konsumsi, karena polusi udara, atau bahkan bisa disebabkan karena virus. Jadi memang gen yang menyebabkan mutasi di DNA di dalam sel, bisa diturunkan.

Untuk jenis gen yang dapat menyebabkan kanker bisa ada di gen manapun, dan hanya beberapa kanker saja yang sudah ditemukan dimana defek gen nya, misalnya beberapa jenis kanker payudara disebabkan oleh mutasi di gen BRCA 1. Hingga saat ini peneliti terus mencari gen-gen yang bisa disebutkan untuk penyebab kanker karena hal ini merupakan hal yang sulit untuk ditemukan.  Pengobatan kanker pada umumnya adalah untuk menghentikan produksi sel yang banyak dimana sel-sel ini merupakan sel yang kurang bagus. 

 

Diskusikanlah dengan dokter spesiali urologi yang menangani Anda mengenai terapi yang dapat anda jalani. Sebaiknya jangan menunda-nunda tindakan. 

Demikian penjelasan yang dapat kami berikan. Semoga membantu.

Salam,

    0 Komentar

    Belum ada komentar