Sukses

Hamil dan Gonore

15 Sep 2015, 16:44 WIB
Pria, 29 tahun.

istri saya hamil 12 minggu. sebelum hamil ada dalam pengobatan Gonnorea. yang kata Dr. Spesialis KK sudah di ijinkan membuat anak tanpa tes screet dulu antara saya dan istri. pada minggu ke 10 kehamilan istri, saya tes screet dan masih ditemukan kuman di plococcus oestra sel.istri saya tidak mengeluh atas kehamilannya. saya mau periksakan dokter gak mau dg alasan dlm keadaan baik2 saja tanpa keluhan. pertanyaan 1. apakah kondisi istri saya memang dalam keadaan baik/ sembuh dari GO ? 2. apakah kalau sudah tidak sakit dan tdk ada gejala lagi GO tidak berbahaya untuk ibu hamil dan janin ? 3. bisakah GO di sembuhkan tanpa mengganggu janin usia 12 minggu. terima kasih sebelumnya.,

dr. Melyarna Putri

Dijawab Oleh:

dr. Melyarna Putri

Terima kasih telah menggunakan layanan e-Konsultasi Tanya Dokter KlikDokter.com.

Kami mengerti rasa khawatir yang Anda rasakan. Gonore merupakan penyakit menular seksual yang disebabkan oleh bakteri Neisseria gonorrhoeae yang pada umumnya ditularkan melalui hubungan kelamin, tetapi juga kontak secara langsung dengan eksudat yang infektifPenyakit ini mempunyai insidens yang tinggi dibanding penyakit menular seksual lainnya.  Walaupun angka kejadian penyakit ini sudah menurun sejak tahun 1970an, namun hampir 800.000 kasus baru ditemukan tiap tahun di AS. Di dunia diperkirakan terdapat 200 juta kasus baru setiap tahunnya. Penyakit ini lebih sering menyerah remaja dan dewasa muda, serta lebih sering terjadi pada pria dibanding wanita.

Gejala

Masa inkubasi gonorrhea sangat singkat, pada pria umumnya berkisar antara 2-5 hari, kadang-kadang lebih lama. Pada wanita masa inkubasi sulit untuk ditentukan karena pada umumnya tidak menimbulkan gejala.

Pada pria, awalnya terdapat rasa gatal dan panas di sekitar uretra, saluran yang menghantarkan urin dari kandung kemih ke luar tubuh. Selanjutnya, terdapat rasa nyeri saat buang air kecil dan keluar sekret kental berwarna keruh dari ujung uretra yang kadang-kadang disertai darah. Bila infeksi sudah semakin lanjut, nyeri akan semakin bertambah dan sekret semakin kental dan keruh. Selain itu terdapat nyeri pada waktu ereksi dan terkadang terdapat pembesaran kelenjar getah bening di selangkangan.
Pada wanita, gejala, kalaupun ada, dapat sangat ringan sehingga penderita tidak menyadarinya. Sebanyak 30%-60% wanita penderita gonore tidak memberikan gejala. Gejala yang timbul dapat berupa nyeri saat buang air kecil, buang air kecil menjadi lebih sering, dan kadang-kadang menimbulkan rasa nyeri pada panggul bawah.  Selain itu, terdapat sekret kental dan keruh yang keluar dari vagina.

Keluhan demam yang anda rasakan bisa saja berhubungan dengan penyakit anda saat ini, demam merupakan tanda peradangan yang mana jika anda mengalami infeksi gonore bisa terjadi demam. Namun demam juga merupakan tanda dari penyakit lain, adakah batuk ? pilek? nyeri perut dan keluhan lainnya? jika ada bisa saja berkorelasi dengan keluhan lain tersebut.

Pada wanita hamil dengan gonore harus dipastikan bahwa infeksi sudah benar-benar tidak ada. Apabila hal ini didiamkan dapat menimbulkan beberapa komplikasi dalam kehamilan seperti persalinan prematur dan ketuban pecah dini. Untuk bayi sendiri yang dilahirkan melalui persalinan normal pada ibu yang mengalami infeksi gonore dapat mengalami kelainan konjunctivitis gonore atau blenore. Pengobatan dalam kehamilan untuk gonore dapat dipilih obat yang aman untuk janin usia 12 minggu.

Demikian informasi ini kami sampaikan, semoga bermanfaat.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar