Sukses

Kapan Tali Pusat Lepas dan Puting Lecet

15 Sep 2015, 12:36 WIB
Pria, 26 tahun.

selamat malam dok, saya mau nanya nih 1.payudadara istri saya bengkak dan ASInya keluar terus dan pada bagian puting susu tedapat luka seperti lecet 2. bayi saya lahir tgl 6 september 2015 tali pusatnya belum lepas dan berbau. tapi di sekitar pusat bentuk dan warna kulit normal tidak memerah atau bernanah, apakah itu normal2 saja dok?

dr. Melyarna Putri

Dijawab Oleh:

dr. Melyarna Putri

Terima kasih telah menggunakan layanan e-Konsultasi Tanya Dokter KlikDokter.com.

Puting lecet akibat menyususi sering terjadi pada ibu muda yang baru pertama kali menyusui. Lecetnya puting dapat disebabkan oleh posisi menyusui yang salah dan tidak sempurnanya perlekatan antara mulut bayi dengan puting ibu. Edukasi kepada ibu mengenai cara menyusui yang benar penting sekali untuk mencegah terjadinya hal ini.

Lecet yang terdapat pada puting dapat menyebabkan infeksi pada payudara ibu karena masuknya kuman yang terdapat pada mulut dan hidung bayi ke dalam payudara melalui puting yang lecet dan retak tersebut. Bila terjadi infeksi, dapat timbul gejala seperti puting tampak bengkak, kemerahan, terasa nyeri, dan timbul demam.

Untuk mencegah infeksi pada puting lecet, ikuti langkah berikut ini:

  • Biasakanlah untuk menjaga kebersihan daerah puting payudara Anda.
  • Biasakan untuk membersihkan puting terlebih dahulu sebelum dan usai menyusui.
  • Jangan menghentikan pemberian ASI pada bayi Anda jika terjadi puting lecet, karena tidak keluarnya ASI dapat memperparah peradangan yang terjadi.
  • Dapat pula diberikan salep untuk membantu proses penyembuhan lecetnya puting tersebut. Salep dapat diberikan saat ibu sedang tidak menyusui. Jika tiba saatnya untuk menyusui jangan lupa untuk membersihkan terlebih dahulu puting ibu supaya salep yang terdapat pada puting tidak tertelan oleh bayi.

Bila sudah terjadi infeksi pada puting yang lecet tersebut, segera kunjungi dokter Anda untuk mendapatkan pengobatan segera. Untuk mengatasi infeksi dapat diberikan antibiotik. Antibiotik yang diberikan dapat berupa tablet minum maupun salep antibiotik yang akan dioleskan ke puting ibu saat tidak menyusui. 

Tali pusat bayi lepas antara 5-21 hari. Sebaiknya diantara saat itu bayi tidak terlalu sering dimandikan secara langsung. Cukup seka tubuhnya dengan waslap yang dicelupkan ke air hangat agar tali pusat tidak lembab dan tetap kering. JIka dimandikan, usai mandi tali pusat dapat dikeringkan dan dibungkusa kasa alkohol. Jika dibiarkan terbuka biasanya tali pusat lebih cepat kering dan terlepas. Usahakan agar tali pusat tidak terlalu banyak kena air atau basah akibat dibersihkan alkohol terlalu sering.

Hal yang tidak dianjurkan adalah menutup tali pusat dengan plester, gurita bertali, dam semacam jaring elastis. Kesemuanya dapat menimbulkan iritasi. Perhatikan selalu kondisi tali pusat apabila tali pusat mengeluarkan nanah dan berbau busuk, terlihat kemerahan, bayi demam. dan bayi selalu menangis ketika tali pusatnya tersentuh jari, segeralah temui dokter Anda untuk penatalaksanaan lebih lanjut. 

Demikian informasi ini kami sampaikan, semoga bermanfaat.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar