Sukses

Gejala Penyakit Maag

11 Sep 2015, 13:56 WIB
Pria, 50 tahun.

dok! apa benar jika maag kambuh menimbulkan perut mulas & nyeri pinggang. Atau ada gejala lain?

Terima kasih telah menggunakan layanan e-Konsultasi Klikdokter.

Maag dalam istilah medis dikenal sebagai gastritis atau dispepsia. Rasa panas, perih di perut, mual, sakit ulu hati merupakan keluhan khas untuk sakit maag. Keluhan ini terutama seringkali dirasakan ketika Anda telat makan. Maag juga diperparah oleh adanya stress, minum kopi, makanan berlemak dan pedas. Sakit maag perlu dikontrol dengan pola hidup yang sehat agar tidak kambuh karena memang biasanya tidak dapat hilang sepenuhnya tapi dapat dikontrol.

Pada beberapa orang gastritis kronis bisa saja tidak menimbulkan gejala apapun. Namun, terdapat juga beberapa gejala yang sering dialami, diantaranya adalah :

  • Nyeri perut bagian atas

  • Gangguan pencernaan atau kembung

  • Mual dan muntah

  • Sendawa

  • Kehilangan nafsu makan atau penurunan berat badan

Nyeri perut pada gastritis kronis bisa terjadi terus menerus dan tidak mudah hilang, atau bisa juga tidak merasakan nyeri sama sekali. Gejala lainnya bisa saat makan beberapa suap namun sudah merasa kenyang.

Pada kasus yang lebih ekstrim, bisa juga terjadi perdarahan pada lambung dan / atau tinja berwarna hitam. Segera berobat ke dokter jika terdapat gejala tersebut, yaitu tinja berwarna hitam, muntah darah, atau terdapat nyeri perut yang terjadi secara terus menerus.

Demikian informasi yang dapat kami berikan. Semoga bermanfaat.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar