Sukses

Bercak Warna Putih Di Pipi

11 Sep 2015, 10:24 WIB
Pria, 22 tahun.

Selamat pagi dok, saya mau konsul masalah kulit di wajah saya.. jadi begini dok, kulit di wajah saya tepatnya di area pipi sebelah kanan dan sebelah kiri terdapat belang sudah lumayan lama sejak saya sma sampai sy mahasiswa skrg.. kurang lebih sudah 5 tahunan.. jadi kalau diperhatikan seksama seperti ada gradasi warna di area pipi. Yang paling tampak pipi saya yg sebelah kanan, apabila terpapar sinar matahari maka pd pipi saya semakin tampak gradasi warna nya semakin jelas spt hitam dan putih gitu dok.. sementara kalau di pipi saya sebelah kiri seperti panu yang melebar gitu dok, dan kalau terkena sinar matahari, belangnya juga semakin jelas.. Kira- kira apa penyebab nya ya dok ? Infeksi jamurkah atau krn sering terkena paparan sinar matahari ? dan kalau sy mau berobat ke dokter spesialis kulit dan kelamin kah atau dokter kecantikan atau aestetic ya dok ? terus terang saya bingung karena dokter tsb menangani masalah kulit semua. Terima kasih dok

Terima kasih telah menggunakan layanan e-Konsultasi Tanya Dokter KlikDokter.com.

Penyakit yang Anda alami kemungkinan adalah panu atau dalam bahasa kedokteran adalah pitiriasis versikolor. 

Pityriasis versicolor (PV) adalah penyakit jamur superfisial yang kronik, biasanya asimtomatik, disebabkan oleh Malassezia furfur berupa bercak dengan pigmentasi yang bervariasi pada umumnya mengenai badan. Bercak berwarna putih sampai coklat kehitaman. Terutama meliputi badan dan kadang-kadang dapat menyerang ketiak, lipat paha, lengan, tungkai atas, leher, muka dan kulit.

Pityriasis Versicolor adalah penyakit universal dan terutama di daerah tropis. Istilah versicolor mengacu pada akibat yang ditimbulkan jamur ini yaitu perubahan warna kulit tergantung dari kondisi kulit. Penyakit ini biasanya akan timbul pada keadaan Suhu yang tinggi, kulit berminyak, hiperhidrosis, faktor herediter, pengobatan dengan glukokortikoid, dan defisiensi imun.

Dokter akan memberikan obat Anti jamur salep atau oral sesuai seberapa luas lesi nya. Anda bisa berkonsultasi dengan Dokter Umum atau Dokter Spesialis Kulit Dan Kelamin untuk menyelesaikan masalah Anda.

Demikian informasi ini kami sampaikan, semoga bermanfaat.

Salam,

    0 Komentar

    Belum ada komentar