Sukses

Dermatitis Kontak Iritan

14 Sep 2015, 11:56 WIB
Wanita, 0 tahun.

selamat sore dok, saya mau tanya .. saya tidak cocok pakai deterjen yang sekarang saya pakai, setelah sy pakai deterjen tersebut kulit sy jdi rusak gatal kering dan terlelupasan , saya sudah tidak pakai deterjen tersebut selama seminggu ini,.. gmana ya dok nyembuhinnya ? kira kira pake obat salep apa dok ? tolong informasinya ya dok .. trims

Terima kasih telah menggunakan layanan e-Konsultasi Tanya Dokter KlikDokter.com.

 Yang anda alami kemungkinan adalah dermatitis Kontak Iritan yang diakibatkan oleh deterjen. Dermatitis kontak iritan adalah Dermatitis merupakan peradangan kulit sebagai respon pengaruh faktor eksogen dan endogen, menimbulkan gejala klinis berupa efloresensi polimorfik dan keluhan gatal. Dematitis cenderung residif dan menjadi kronis. Biasanya, dermatitis disebut juga sebagai eksem. Pencetus dematitis dapat berupa bahan kimia (seperti detergen, asam, basa, oli, semen), fisik (sinar, suhu), mikroorganisme (bakteri dan jamur), dapat pula dari dalam atau endogen seperti dematitis atopik.  

Pengobatan utama untuk dermatitis didasarkan pada penyebabnya. Penderita harus menghindari faktor pencetus tersebut yang dapat berbeda antara satu orang dengan orang lainnya. Jadi hentikan secara total penggunaan deterjen tersebut.

Pengobatan simptomatis juga tidak kalah pentingnya untuk dermatitis. Pengobatan sistemik dapat berupa antihistamin pada kasus ringan. Jika akut dan berat, kortikosteroid dapat dipertimbangkan. 

Beberapa orang yang rentan mengalami dermatitis kontak iritan adalah:

  • Ketebalan kulit relatif kurang
  • Anak-anak berusia kurang dari 8 tahun dan usia lanjut lebih mudah teriritasi.
  • Wanita lebih sering terkena dibanding pria.
  • Kulit putih
  • Ada penyakit kulit yang sedang atau pernah dialami

                               

Demikian informasi ini kami sampaikan, semoga bermanfaat.

Salam,       

    0 Komentar

    Belum ada komentar