Sukses

Akne

14 Sep 2015, 14:15 WIB
Wanita, 25 tahun.

Selamat pagi. Saya mempunyai masalah pada kulit muka yang sensitif yang berjerawat besar dan bernanah, selama empat bulan terakhir saya telah melakukan pemeriksaan ke dokter kecantikan tapi tidak kunjung membaik, dengan rutinitas kerja di ruang ber-AC. Apa yang saya lakukan dok ? Terima kasih.

Terima kasih telah menggunakan layanan e-Konsultasi Tanya Dokter KlikDokter.com.

Satu-satunya cara untuk memastikan keluhan pada kulit Anda adalah dengan melakukan pemeriksaan langsung oleh dokter. Karena hanya dengan pengamatan langsung, akan muncul analisa yang lebih akurat dan sesuai dengan kaidah penegakan diagnosa.

Jerawat bisa muncul akibat hormon testosteron meningkat. Hormon ini menyebabkan kelenjar kulit memproduksi lebih banyak minyak (sebum) dan hal itu lah yang dapat memicu pertumbuhan jerawat. Hal ini tidak hanya terjadi pada masa pubertas saja, melainkan juga dapat terjadi pada perempuan dan wanita dewasa yang akan mengalami haid, wanita hamil, dan orang-orang yang menggunakan obat yang mengandung kortikosteroid, androgen, atau lithium.

Namun, ada beberapa faktor lain yang dapat meningkatkan risiko munculnya jerawat pada kulit dan dapat memperparah keadaan kulit, yakni:

  •     Riwayat keluarga

Jika orangtua Anda memiliki jerawat, Anda cenderung untuk mengembangkannya juga.

  •     Stres

Sebenarnya stres tidak menyebabkan timbulnya jerawat. Namun, stres dapat membuat jerawat berkembang semakin parah dan memburuk.

  •     Zat berminyak

Seringnya menggunakan bahan kosmetik yang mengandung kadar minyak cukup tinggi dapat memicu tumbuhnya jerawat pada kulit Anda.

  •     Diet

Sebuah studi menunjukkan bahwa makanan yang biasa dikonsumsi oleh orang diet dapat memicu pertumbuhan jerawat, misalnya roti, bagel, dan chip yang dapat meningkatkan kadar gula dalam darah dan dapat menimbulkan jerawat.

  •     Makanan berminyak

Salah satu jenis makanan yang mengandung kadar minyak yang cukup tinggi adalah cokelat. Jenis makanan tersebut sedikit berpengaruh pada pengembangan jerawat.

Kondisi sistem endokrin, seperti sindrom ovarium polikistik dan sindrom cushing, dapat menyebabkan wabah jerawat

  •     Kondisi kulit

Apabila kulit Anda kotor, bakteri dapat tumbuh. Hal ini akan menyebabkan timbulnya jerawat pada kulit Anda.                                          

Sudah ada banyak jenis pengobatan yang efektif dan dapat Anda lakukan sendiri. Namun, hal ini harus disesuaikan dengan kondisi jerawat yang Anda alami. Apakah masih ringan, sedang atau sudah parah. Terkadang, dokter juga akan menggabungkan beberapa jenis perawatan untuk mendapatkan hasil terbaik dan menghindari perkembangan bakteri. Untuk itu periksakan diri Anda ke Dokter yang memang berkompeten untuk meyelesaikan masalah ini yaitu Dokter Spesialis Kulit dan Kelamin.

Demikian informasi ini kami sampaikan, semoga bermanfaat.

Salam,       

    0 Komentar

    Belum ada komentar