Sukses

Apa Penyebab Cegukan?

11 Sep 2015, 13:18 WIB
Pria, 27 tahun.

Dokter, kenapa setiap kali saya sakit, baik itu demam, flu, batuk atau juga radang, saya selalu cegukan setelah beberapa hari meminum obat, baik itu obat dari dokter ataupun obat yang saya beli sendiri.? ini membuat saya merasa tidak nyaman, soalnya cegukan terjadi selama 1 - 3 hari. Apakah ini efek samping dari obat yang saya minum?

dr. Karin Wiradarma

Dijawab Oleh:

dr. Karin Wiradarma

Terima kasih telah menggunakan layanan e-Konsultasi Tanya Dokter KlikDokter.com.

Kami memahami kekhawatiran Anda.

Cegukan atau hiccup terjadi ketika adanya spasme (ketegangan otot) pada kontraksi diafragma, yaitu suatu otot yang memisahkan rongga dada dan rongga perut. Spasme ini menyebabkan pengambilan nafas seketika berhenti dengan tertutupnya pita suara (glottis). Penutupan inilah yang menyebabkan karakteristik suara cegukan.

Apa yang menyebabkan cegukan?

Lambung yang penuh dapat menyebabkan terjadinya cegukan yang akan hilang dengan sendirinya. Lambung yang penuh dapat disebabkan oleh:

  • Makan terlalu banyak & terlalu cepat
  • Mengonsumsi terlalu banyak alkohol
  • Merokok
  • Perubahan seketika pada temperatur lambung, misalnya minum terlalu panas kemudian terlalu dingin
  • Stress emosional

Selain itu, cegukan dapat merupakan suatu tanda adanya suatu penyakit, misalnya: diabetes, penyakit ginjal kronis, gangguan elektrolit, deviasi septum, stroke, meningitis, ensefalitis, laringitis, dan lain - lain.

Cegukan biasanya berhenti dalam waktu beberapa menit hingga beberapa jam. Cegukan yang berlangsung lebih dari 48 jam, perlu dicurigai merupakan suatu tanda adanya masalah kesehatan serius yang membutuhkan konsultasi lebih lanjut dengan dokter.

Bagaimana mengatasi cegukan?

Kebanyakan cegukan akan hilang dengan sendirinya dalam waktu beberapa menit hingga beberapa jam dan tidak membutuhkan terapi khusus.

Kebanyakan terapi untuk mengatasi cegukan yang dapat dilakukan sendiri di rumah. Kebanyakan diantaranya adalah untuk meningkatkan level karbon dioksida di dalam darah, yang dapat menghentikan cegukan. Terapi - terapi tersebut diantaranya:

  • Tahan nafas Anda dan hitung perlahan hingga hitungan 10.
  • Bernafaslah secara berulang dan regulang ke dalam kantong kertas untuk periode tertentu.
  • Minum dengan cepat seteguk air dingin.
  • Konsumsi 1 sdm gula atau madu.

Sedangkan terapi untuk cegukan yang persisten tergantung dari penyebab dasarnya dan bervariasi dari penatalaksanaan dengan obat hingga akupuntur atau hipnosis. Jika Anda mengalami cegukan yang berlangsung beberapa hari atau lebih, maka sebaiknya Anda berkonsultasi dengan dokter untuk pemeriksaan lebih lanjut.

Demikian informasi ini kami sampaikan, semoga bermanfaat.

Salam,

    0 Komentar

    Belum ada komentar