Sukses

Apa Penyebab Keluar Darah Saat Onani?

09 Sep 2015, 14:31 WIB
Pria, 24 tahun.

dok .. saya sedang melakukan onani sndiri wktu proses sya merasakan sperma mau kluar dan saya berhenti sebentar ternyata ada darah kluar sedikit dari penis dan saya tidak merasakan sakit apapun .. knp ya dok

Terima kasih telah menggunakan layanan e-Konsultasi Tanya Dokter KlikDokter.com.

Dalam kedokteran, adanya darah dalam semen ini disebut dengan hematospermia. Ketakutan paling besar pada penderita adalah bayangan bahwa dirinya mungkin menderita kanker saluran kemih atau penyakit menular seksual. Perlu diketahui bahwa penyebab paling sering dari hematospermia adalah peradangan tidak spesifik pada kelenjar prostat atau vesikula seminalis dan biasanya sembuh spontan dalam beberapa minggu meskipun tanpa terapi. Sebagian besar hematospermia tidak ditemukan penyebabnya. Hematospermia jarang disebabkan karena kanker atau penyakit menular seksual, tetapi sangat dianjurkan untuk melakukan pemeriksaan ke dokter atau urolog terlebih dahulu. 

Penyakit lain yang dapat menyebabkan hematospermia adalah infeksi tuberkulosis dan parasit pada saluran kemih atau infeksi karena penyebab lain. Batu atau kanker pada kelenjar prostat dan vesikula seminalis dapat juga menjadi penyebab. Penyebab lain yang lebih jarang adalah penyakit yang menyebabkan gangguan pembekuan darah seperti hemofilia dan penyakit hati kronis. Pada sesorang yang telah menjalani biopsi prostat untuk deteksi kanker maka hematospermia adalah salah satu komplikasi yang dapat terjadi dan sembuh spontan setelah 4-6 minggu.

Jika gejala ini menetap selama beberapa minggu, maka pemeriksaan lebih lanjut diperlukan. Pemeriksaan awal yang dilakukan biasanya adalah pemeriksaan colok dubur dan organ genitalia. Pemeriksaan lebih lanjut berupa USG transrektal untuk menilai organ prostat dan vesikula seminalis, dilakukan dengan memasukkan semacam alat melalui dubur. Pemeriksaan lain yang dilakukan adalah pemeriksaan urin untuk mengetahui adanya infeksi dan PSA (Prostate Spesific Antigen) untuk mendeteksi adanya kanker prostat. Pemeriksaan yang lebih lanjut adalah dengan endoskopi untuk menilai kelainan pada saluran kemih dari adanya kanker atau batu.

Sperma yang bercampur darah memang suatu gejala yang menakutkan bagi seseorang, tetapi perlu diketahui penyebab tersering merupakan penyakit yang jinak atau bukan kanker. Sangat sedikit penderita kanker prostat mengeluhkan gejala hematospermia. Pemeriksaan awal ke dokter sangat dianjurkan jika sesorang mengalami gejala ini.                                          

Demikian informasi ini kami sampaikan, semoga bermanfaat.

Salam,       

    0 Komentar

    Belum ada komentar