Sukses

Terapi OA

14 Sep 2015, 09:02 WIB
Wanita, 20 tahun.

sy didiagnosis menderita OA Mtp 1 karena faktor kecelakaan 1,5th lalu.2,5bulan lalu saya disuntik dan di sedot cairanya.awal2 terasa enak hingga dikatakan 80% sembuh.namun ahir2 ini terasa sakit dn lutut ikut nyeri.sebaiknya terapi apa yg hrus sy lakukan?apkh hrus suntik lg?dan apakah OA tdk dpt dismbuhkan?

Terima kasih telah menggunakan layanan e-Konsultasi Tanya Dokter KlikDokter.com.

Penanganan osteoarthritis tergantung pada stadiumnya. Mi­salnya, cara suntik, itu hanya bisa untuk pasien dengan stadium awal. Metode ini bukan untuk stadium lanjut. Untuk pasien stadium tiga dan empat sudah tidak pada tempatnya disuntik-suntik. Jika itu dilakukan, sama saja seperti menggarami air laut. Efeknya tidak bagus. Tujuan penyuntikan adalah untuk menambah cairan atau jika terjadi radang, cairan ini dapat berlebih. Kalau sedang berlebih malah harus disedot. Soal efektivitas penyuntikan, tergantung stadiumnya. Kalau untuk pasien stadium satu dan dua, cukup efektif, sedangkan untuk stadium tiga dan empat kurang efektif. Metode ini harus diulang setahun sampai enam bulan. Yang harus diingat adalah osteoarthritis tidak ada obatnya, yang bisa adalah untuk mengembalikan ke fungsi yang lebih baik. Tidak ada cara untuk menyetopnya.

Jadi, selama hidupnya, pasien akan terus berkutat de­ngan masalah tersebut. Kalau pun perlu joint replacement, harus ada kriterianya. Minimal dipasang pada pasien ber­umur di atas 65 tahun. Karena alat ini buatan manusia, bukan buatan Tuhan, jadi tak dapat regenerasi. Ada umurnya. Joint replacement itu umurnya 10 sampai 15 tahun. Misalnya, pada stadium awal, tujuan penyuntikan  ini ibaratnya buying time, supaya tidak cepat-cepat joint replacement, ya dilakukan penyuntikan.

 

Lantaran osteoarthritis tidak dapat disembuhkan dan belum ada obatnya, maka yang perlu dilakukan adalah me­ngurangi berat badan dan modifikasi life style. Misalnya jangan melakukan aktivitas yang high impact, jika memang sudah tahu ada osteoarthritis.

Bagi Anda yang pernah cedera, karena yang pernah cedera lebih bahaya untuk osteoarthritis, cederanya harus ditangani dengan benar sehingga tidak ada osteoarthritis sekunder. Untuk yang primer, kurangi berat badan dan kurangi aktivitas high impact.

Saran Kami, Anda segera untuk memeriksakan diri kembali ke Dokter yang merawat Anda sebelumnya untuk melakukan pemeriksaan dan diberikan terapi sesuai dengan keadaan Anda yang sekarang.

Demikian informasi ini kami sampaikan, semoga bermanfaat.

Salam

    0 Komentar

    Belum ada komentar