Sukses

Kolik Abdomen

08 Sep 2015, 15:21 WIB
Pria, 29 tahun.

Siang Dok. Saya mau tanya. Sudah tiga hari perut saya seperti kembung. Kira 2 dalam 10 detik sampai 1 menit perut saya sakit sekali seperti diremas2, seperti ada yang mau melubangi dari dalam. Saya sampai gak kuat rasanya pengen guling2 dilantai. Setelah itu normal lagi, mungkin sekitar 15-30menit, lalu sakit lagi, begitu berulang ulang seharian. Saya jadi gak bisa kerja. Saya juga jadi sulit tidur. Anehnya sekitar jam 3 pagi saya bisa tidur dan tidak merasa sakit, atau hanya sekali dua kali sampai siang hari. Setelah itu mulai sakit hilang timbul lagi. Saya tidak diare, menurut saya tidak maag juga. Saya pernah kena GERD, tapi menurut saya bukan itu juga, karena gerd itu panas di sekitar dada, dan sakitnya gerd tidak hilang timbul seperti sakit saya sekarang. Menurut Dokter, apa kemungkinan penyakit saya?

Terima kasih telah menggunakan layanan e-Konsultasi Tanya Dokter KlikDokter.com.

Mungkin yang yang terjadi pada Anda adalah Kolik Abdomen. Istilah ini digunakan untuk menggambarkan nyeri spasmodik ( nyeri bergelombang , ada fase dimana rasa sakit berada di puncak yang terasa begitu sakit, kemudian disusul dengan periode mereda atau seolah2 tidak terasa sakit lagi. Begitu seterusnya terjadi berulang2) pada perut yang disebabkan oleh distensi (ketegangan), obstruksi ( sumbatan), atau peradangan pada organ berongga tubuh yang memiliki oto polos, misalnya usus, kandung empedu, ginjal dll.

Kolik abdomen pada orang dewasa sangat banyak penyebabnya. Untuk menentukan penyebab sebaiknya Anda datang ke Dokter spesialis penyakit dalam untuk melakukan pemeriksaan lebih lanjut.

Demikian informasi ini kami sampaikan, semoga bermanfaat.

Salam,       

    0 Komentar

    Belum ada komentar