Sukses

Antisipasi Dengan Obat HIV

11 Sep 2015, 09:59 WIB
Pria, 22 tahun.

Dok kalau virus hiv apakah bisa di antisipasi dengan obat anti hiv pada jangka waktu dekat sehabis melakukan onani yang saya maksud (dilakukan dengan tangan dan payudara wanita ) tapi saya tidak melakukan kontak langsung dengan vagina .. Jika bisa tolong dok saya minta saran sebelum mencapai satu minggu sesudah kejadian yang saya alami agar saya dapat segera mengambil tindakan Trima kasih, saya tunggu saranya dok.

dr. Melyarna Putri

Dijawab Oleh:

dr. Melyarna Putri

Terima kasih telah menggunakan layanan e-Konsultasi Tanya Dokter KlikDokter.com.

HIV (Human Imunodeficiency Virus) merupakan suatu infeksi virus yang dapat melemahkan sistem pertahanan tubuh dengan mengahancurkan sel darah putih khusus untuk pertahanan tubuh. AIDS merupakan penyakit akibat virus HIV. HIV umumnya ditularkan melalui kontak langsung antara membran mukosa atau aliran darah, dengan cairan tubuh yang mengandung HIV, seperti darah, air mani, cairan vagina, dan ASI. Penularan dapat terjadi melalui hubungan intim, transfusi darah, jarum suntik yang terkontaminasi, antara ibu dan bayi selama kehamilan, bersalin, atau menyusui, serta bentuk kontak lainnya dengan cairan-cairan tubuh tersebut.

Gejala awal umumnya tidak spesifik berupa demam, sakit kepala, penurunan berat badan, gejala mirip sakit flu. Namun pada tahap lanjut akan terjadi infeksi pada berbagai organ seperti otak, paru dan organ lain.

Sebagai pencegahan apabila diduga terdapat kontak terhadap pasien HIV, terdapat obat pencegahan Post-Exposure Prophylaxis yang yaitu dengan ARV (Anti Retro Viral) berupa lamivudine dan obat sejenisnya. Anda dapat menghubungi Pokdisus Rumah Sakit untuk melakukan pemeriksaan dan mendapatkan obat untuk pencegahan. Hingga saat ini status HIV seseorang tidak dapat diketahui hanya dengan melihat kondisi fisiknya saja, kendati penderita HIV sering mengeluhkan sariawan yang terus kambuh. HIV dapat terdeteksi dengan tes darah dengan cara mendeteksi adanya antibodi HIV di dalam sample darahnya. Tes darah yang dilakukan adalah Tes ELISA dan Western Bolt.

Kami sarankan Anda untuk memeriksakan diri ke Dokter karena forum ini tidak dapat menggantikan wawancara medis, pemeriksaan fisik dan penunjang secara langsung yang sangat berperan dalam penentuan diagnosa.

Semoga penjelasan ini bermanfaat.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar