Sukses

Penyembuhan Luka Bekas Jahitan

11 Sep 2015, 10:12 WIB
Pria, 22 tahun.

Halo dok,saya seminggu yang lalu jatuh dari motor,akhirnya kulit kaki saya bagian atas sobek dan mengeluarkan darah terus menerus..Namun 1 jam kemudian saya pun kepuskemas terdekat dan akhirnya mendapat 6 jahitan,Namun sudah 8 hari sejak peristiwa tsb kenapa bekas jahitan belum kering..Padahal semua saran dokter di puskesmas saya ikuti,Seperti Perbanyak makan telur,jangan sering jalan dulu (kecuali maiu ke kamar mandi atau toilet,peban pada kaki jangan sampai basah (kalau mandi atau ke wc pasti saya tutup dengan tas kresek hitam)),perbanyak makan sayur..Saat ini saya sudah sering kontrol juga ke puskesmas..Intinya semua saran dokter dari pusksesmas sudah saya jalani dengan baik..Pertanyaan saya: Apa masih terdapat kekurangan atau hal yang salah selama saya mengikuti anjuran dokter tersebut..Tapi sepertinya saya mengikuti instruksi dokter tsb....Mungkin dokter dari klikdokter.com ada saran lain..Terima kasih atas jawabnnaya

dr. Melyarna Putri

Dijawab Oleh:

dr. Melyarna Putri

Terima kasih telah menggunakan layanan e-Konsultasi Tanya Dokter KlikDokter.com.

Kami memahami kekhawatiran yang Anda rasakan. Waktu penyembuhan luka yang diperlukan bervariasi pada setiap orang, tergantung dari ada tidaknya infeksi, aliran darah ke daerah luka, nutrisi, dan penyakit yang diderita (seperti kencing manis, dll). Dalam keadaan normal, penyembuhan luka dapat memakan waktu selama kurang lebih 6 minggu. 

Bagaimana dengan Anda? Apakah ada keluhan lain?Apakah Anda memiliki penyakit penyerta lainnya? Apabila pada daerah bekas luka ada tanda infeksi, seperti keluar nanah sebaiknya Anda berkonsultasi lebih lanjut dengan dokter. Menjaga kebersihan daerah sekitar bekas luka sangat penting untuk mencegah terjadinya infeksi yang dapat memperlambat penyembuhan bekas luka. Ganti pakaian dalam secara rutin 2x per hari, bersihkan bekas luka yang masih kemerahan dengan kassa yang dibasahi rivanol. Saran yang diberikan kepada Anda sudah cukup dan komprehensif. Namun, apabila keluhan lain seperti luka mengeluarkan nanah, atau tidak juga membaik setelah 6 minggu, sebaiknya Anda mengunjungi dokter kembali. 

Demikian informasi yang dapat disampaikan. Semoga dapat bermanfaat. 

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar