Sukses

Pemberian MPASI

11 Sep 2015, 10:15 WIB
Wanita, 27 tahun.

dok.. abak saya ntr 29 sep pas 6 bln.. boleh gak sebelum pas 6 bln saya kasih makan biskuit milna.. ya buat anak nya ntr gak kaget pas kadih makan

dr. Melyarna Putri

Dijawab Oleh:

dr. Melyarna Putri

Terima kasih telah menggunakan layanan e-Konsultasi Tanya Dokter KlikDokter.com.

Pemberian MPASI dimulai pada usia 6 bulan dengan buah dan sayuran yang dimasak dan dilembutkan seperti alpukat, pisang, pir, labu. Dapat juga memberikan bubur susu kemasan. Makanan diberikan setidaknya 3x dalam satu hari, selain itu ASI tetap diberikan. Apabila respon anak positif, tidak ada muntah dan BAB cair, 2 bulan berikutnya dapat dicoba dengan pemberian lauk hewani. Mulai dengan pemberian lauk hewani yang jarang memicu alergi seperti ayam. Apabila respon anak positif, lanjutkan pemberian lauk hewani lainnya. Pada usia 9-10 bulan, tekstur makanan dapat diubah bertahap menjadi lebih kasar sehingga pada usia 1 tahun anak dapat makan seperti tekstur makanan orang dewasa (nasi).

Ukuran lambung anak kurang lebih sekepalan tangannya. Berikan porsi makanan yang wajar sesuai dengan kapasitas lambungnya. Apabila respon anak baik, frekuensi makan dapat ditambah menjadi 3 kali makan besar dan 2 kali snack (buah dan biskuit) diselingi ASI.

Demikian informasi yang dapat disampaikan. Semoga dapat bermanfaat. 

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar