Sukses

Perawatan Kulit Kombinasi

07 Sep 2015, 08:47 WIB
Wanita, 18 tahun.

Dok, bagaimana cara menjaga kulit wajah yg kombinasi? Bagian kening, hidung, serta bagian mulut saya suka berminyak tapi bagian mata dan pipi kulit kering. Yang berminyak memiliki pori-pori besar, sedangkan yang kering udah ada garis-garis halus terutama bagian mata. Jadi gimana caranya untuk mengecilkan pori-pori besar di area kulit yang berminyak dan yang kulit keringnya menjadi lembab. Apa ada cara yang alami? Mohom pencerahannya. Terimakasih!

dr. Karin Wiradarma

Dijawab Oleh:

dr. Karin Wiradarma

Terima kasih telah menggunakan layanan e-Konsultasi Tanya Dokter KlikDokter.com.

Perawatan kulit kombinasi memang dapat menjadi tantangan tersendiri. Pilihlah sabun yang sesuai dengan tipe kulit kombinasi. Kulit kombinasi umumnya berminyak di daerah T (dahi, hidung, dagu), namun kering atau sensitif di daerah lainnya.

Berikut adalah perawatan untuk kulit kombinasi :

  • Cucilah kulit wajah tidak lebih dari 3 kali sehari dan setelah berkeringat berlebihan.
  • Gunakan pembersih yang lembut dan jangan menggunakan scrub.
  • Gunakan pembersih busa yang tidak mengandung minyak
  • Gunakan air hangat suam-suam kuku yang banyak untuk membersihkan wajah Untuk menghilangkan minyak yang berlebihan, Anda dapat menggunakan toner atau astringent. Namun berhati-hati agar memilih produk yang tidak menyebabkan iritasi.
  • Jangan menyentuh, memecahkan, memencet jerawat karena dapat menunda proses penyembuhan.
  • Gunakan produk-produk kulit yang memiliki label “non-komedogenik”. Produk-produk ini dapat menyebabkan sumbatan pori-pori.  
  • Jangan menggosok kulit saat mengeringkan, tapi cukup dengan ditepuk-tepuk.
  • Hindari penggunaan produk yang mengandung alkohol, sabun, asam, atau pengharum karena dapat mengiritasi kulit.
  • Pilihlah produk yang mengandung lidah buaya, chamomile, polifenol teh hijau yang bersifat menyejukkan.

Pembersih 

Pembersih yang tepat untuk jenis kulit kombinasi adalah madu yang masih segar (raw honey). Mengapa madu? Selain bermanfaat untuk penyembuhan kulit, madu mampu membantu mempertahankan kelembapan pada area wajah yang kering. Madu pun kaya akan mineral, vitamin (seperti vitamin B dan biotin), serta antioksidan.

Toner

Toner penting untuk mengangkat sisa pembersih, riasan, sel kulit mati, dan minyak yang tersisa dan tidak terangkat oleh pembersih wajah. Untuk pemilik kulit kombinasi, toner mampu menghilangkan sebum berlebih dari area wajah yang berminyak, serta melembapkan area yang kering. Anda dapat membuat larutan mentimun atau air mawar sebagai toner alami.

Pelembap

Pilihlah pelembap yang mengandung gliserin untuk melembapkan kulit. Gunakan pada area wajah yang kering, seperti sekitar bibir dan bawah mata, untuk menghindari garis halus. Pada area wajah yang cenderung berminyak, oleskan pelembap tipis-tipis saja.

Masker

Masker krim merupakan pilihan tepat bagi mereka yang memiliki kulit kombinasi, karena dapat dipadukan dari beberapa jenis bahan masker. Untuk daerah kering, gunakan masker untuk kulit kering, sedangkan untuk daerah berminyak misalnya daerah T, gunakan masker untuk kulit berminyak. Kenakan masker krim pada wajah dan leher, tunggu hingga kering (+ 15 menit) dan angkat dengan menggunakan handuk yang hangat.

Demikian informasi ini kami sampaikan, semoga bermanfaat.

Salam,

    0 Komentar

    Belum ada komentar