Sukses

Balanitis dan Terapinya
07 Sep 2015, 17:39 WIB
Wanita, 26 tahun.

dok, anak saya usia 7 bulan, mengalami balanitis. bulan kemaren sudah diperiksakan dan sudah sembuh. tapi ini terjadi lagi. saya baca-baca di internet kalau sebenernya fimosis adalah normal untuk anak baru lahir asalkan tidak terjadi balanitis. mau tanya apakah fimosis dengan Anak harus diatasi dengan sunat? agar fimosis tidak merambat terjadi balanitis apa saja yang harus dilakukan? apakah fimosis bisa berakibat gagal ginjal?

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Balanitis sering ditemukan pada laki-laki yang belum disunat akibat hygiene yang buruk atau akibat iritasi oleh smegma. Penyebab balanitis yang tersering adalah infeksi jamur. Disamping akibat jamur, balanitis dapat juga disebabkan oleh infeksi bakteri aerob atau anaerob, virus, parasit, dan lainnya. Apakah nyeri dirasakan setiap saat atau hanya saat berusaha membuka kulup (kepala penis)?

Bagaimanapun, perlu dilakukan evaluasi lebih lanjut untuk memastikan dugaan diagnosis tersebut. Kami sarankan sebaiknya Anda segera mengunjungi dokter spesialis kulit dan kelamin untuk mendapat tatalaksana yang lebih optimal. Apabila terbukti adanya infeksi, Anda akan mendapatkan terapi sesuai kuman penyebab. Pemilihan jenis antibiotik perlu disesuaikan dengan jenis kuman penyebab, begitu pula dengan terapi anti jamur atau obat lainnya. Oleh karenanya diperlukan pemeriksaan fisik diagnostik oleh dokter.

Disamping memberikan obat-obatan untuk menghilangkan penyebab, untuk menangani balanitis perlu juga dilakukan irigasi untuk membersihkan smegma dari lapisan bawah kulit preputium. Dianjurkan untuk dilakukan sirkumsisi (sunat) pada penderita balanitis untuk mencegah berulangnya infeksi tersebut.

Demikian penjelasan kami. Semoga keluhan Anda lekas teratasi.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar