Sukses

Dampak Tidur Pagi Bagi Tubuh

11 Sep 2015, 05:44 WIB
Pria, 22 tahun.

tidur pagi sehat tidak dok? terimakasih

dr. Suci Dwi Putri

Dijawab Oleh:

dr. Suci Dwi Putri

Terima kasih telah menggunakan layanan e-Konsultasi Tanya Dokter KlikDokter.com.

Kami mengerti rasa khawatir yang Anda rasakan. Tidur merupakan kebutuhan dasar setiap orang. Tanpa disadari, tidur memegang peranan penting dalam menjaga kesehatan tubuh kita.

Kebutuhan waktu tidur setiap orang berbeda-beda. Semakin bertambah usia seseorang, maka semakin singkat waktu yang dibutuhkannya untuk tidur.

Berikut ini merupakan kisaran kebutuhan lama tidur seseorang menurut golongan usianya dalam satu hari :

  • -    Bayi yang baru lahir     : 18 – 23 jam
  • -    Bayi                           : 15-18 jam
  • -    Usia 2 tahun               : 13 jam
  • -    Usia 5-6 tahun            : 12 jam
  • -    Usia 10 tahun             :10 jam
  • -    Usia dewasa              : 6-9 jam

Kenyataan saat ini menunjukkan bahwa dengan adanya tuntutan jam kerja yang tinggi, tumpukan pekerjaan sehari-hari, stres, kemacetan di jalan raya, dan lain sebagainya menyebabkan sebagian besar orang usia produktif tidak dapat memenuhi kebutuhan tidurnya selama ± 6-9 jam/hari.

Jika memang risiko pekerjaan anda mengharuskan untuk tidur di pagi hari dan bukan di malam hari, sempatkan diri untuk tidur di malam hari, meskipun dengan waktu yang minim. Usahakan total tidur anda sehari mencapai 6-9 jam/hari bisa dipbagi dengan malam dan juga pagi hari. Berikut ini kami paparkan beberapa manfaat tidur:

  • Memperbaiki Sel dan Menjaga Kelembaban Kulit
    Malam hari adalah waktunya kulit memperbaiki sel tubuh serta menjaga kelembapannya. Karena di malam hari HGH (Human Growth Hormone) kulit wajah bekerja total meregenerasi sel kulit mati. Tidur yang cukup membuat kulit terlihat segar.

  • Tidur mengurangi resiko penyakit
    Dengan tidur yang cukup, kadar hormon Melatonin dan Kortisol tetap berada dalam rentang yang sehat. Ketika Kortisoldi cek, ia dapat menghalangi kerusakan sel penyebab kanker. Saat Anda di alam mimpi, bahan kimia yang disebut "modulator sistem kekebalan tubuh" meningkat untuk membantu tubuh melawan infeksi yang potensial, sehingga masuk akal bahwa tidur melindungi Anda dari penyakit umum seperti pilek dan flu. Hal ini disebabkan oleh kortisol, karena tingkat tinggi hormon yang berhubungan dengan fungsi kekebalan tubuh.

  • Tidur meningkatkan kemampuan otak
    Sebuah studi University of Luebeck, Jerman menemukan bahwa dari 106 orang yang diamati, orang-orang yang beristirahat malam secara penuh, tigakali lebih mungkin untuk melakukan dengan baik pada tugas-tugas kognitif mengukur memori, kreativitas, dan keterampilan pemecahan masalah dibandingkan orang-orang yang kurang tidur. Hal ini disebabkan aktivitas otak yang terjadi selama segmen tertentu saat tidur.

  • Tidur mempertahankan berat badan Anda
    Sebuah studi bersama dengan lebih dari 1.000 peserta yang dilakukan University ofWisconsin dan Stanford University menemukan bahwa mereka yang tidur rata-rata delapan jam semalam memiliki indeks massa tubuh (BMI) lebih rendah daripada mereka yang tidur kurang. Para peneliti percaya bahwa tidur mengatur dua hormon nafsu makan (leptin, yang sinyal penuhdan berkurang dengankurang tidur, dan hormon ghrelin yang menstimulasi rasa lapar dan meningkat ketika Anda kurang tidur). Ketika mereka berada dalam kisaran yang tepat, Anda cenderung makan berlebihan.

Demikian informasi ini kami sampaikan, semoga bermanfaat.

Salam, 

0 Komentar

Belum ada komentar