Sukses

Pengobatan Kulit Menghitam Karena Radiasi

07 Sep 2015, 11:39 WIB
Wanita, 24 tahun.

Malam dok saya mau tanya 5 bulan lalu saya radiasi untuk pengobatan karsinoma ca papiler dan tal cell di daerah leher dan saat ini kulit saya menghintam seperti terbakar. Yang saya mau tanyakan bisa kah kulit saya bisa seperti sediakala? Kalau bisa bagaimana cara mengobatinya. Terimakasih dok

 

Ibu/Saudari yang terhormat,

 

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi KlikDokter.

 

Halo! Kami memahami kekhawatiran Anda. Bekas luka pada kulit karena radiasi memang disebabkan karena sel-sel kulit yang ikut mati karena radiasi dan dapat muncul dalam bentuk kulit yang menghitam (hiperpigmentasi).

 

Masing-masing jenis bekas luka memerlukan penanganan yang berbeda-beda. Dasar penanganan bekas luka yang menghitam biasanya menggunakan krim, pengelupasan kulit/chemical peeling, mikrodermabrasi ataupun laser. Beberapa cara tersebut diharapkan dapat menyamarkan, menipiskan, bahkan menghilangkan bekas luka. Bila bekas luka masih baru dan tidak terlalu dalam, Anda dapat mengoleskan krim mengandung hidrokuinon 2% yang dijual di pasaran. Krim hidrokuinon 2% termasuk dalam dosis yang aman, dan penggunaannya harus tepat hanya pada bekas luka saja dan aplikasikan pada malam hari. 

 

Penanganan bekas luka yang menghitam ini bergantung pada ukuran dari hiperpigmentasi dan sudah berapa lama terjadi. Untuk itu, kami sarankan agar Anda dapat mengunjungi dokter spesialis kulit dan kelamin untuk penanganan yang optimal.

 

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat. (JF)

 

Salam kulit sehat,

Tim Redaksi KlikDokter

0 Komentar

Belum ada komentar